Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop/Komputer

Rabu, 23 Juni 2021 | 10:09 AM WIB Last Updated 2022-05-11T04:04:58Z
Detikjam.com - Cara Mengecek Spesifikasi Laptop/Komputer Dunia digital yang serba canggih ini Salah satu tips membeli laptop bekas agar awet adalah dengan memperhatikan terlebih dahulu spesifikasi dari laptop tersebut. Tujuan adalah agar kamu tidak tertipu dengan barang tersebut dan sebagai acuan apakah hardware-nya masih layak atau tidak.

Sebenarnya bukan hanya ketika ingin membeli laptop bekas aja, tapi juga ketika kamu ingin membeli laptop atau PC baru seperti laptop gaming, laptop kerja, laptop 3in1 dan lain sebagainya. Kamu diharuskan atau bahkan wajib mengetahui cara cek spesifikasi laptop dan PC.

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop/Komputer
Nah, buat kamu yang belum tau cara cek spesifikasi laptop atau komputer, pas banget nih gaes. Karena, kali ini kita akan membahas cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop gaes. Jadi, simak baik-baik ya!

Manfaat Melihat Spesifikasi PC/Laptop

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengetahui spesifikasi laptop atau PC, banyak orang yang gak sadar kalau mengetahui spesifikasi laptop dan PC ini sangat penting dan juga bermanfaat.

“Emang buat apa sih mengetahui spesifikasi PC dan Laptop, cuma gitu doang!”

Eits, jangan salah! Berikut ini beberapa manfaat ketika kamu mengetahui spesifikasi laptop dan PC yang kamu gunakan. Disimak ya~

1. Mengetahui Informasi Sistem

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop/Komputer

Manfaat mengetahui spesifikasi PC atau laptop yang pertama adalah untuk mengetahui informasi sistem yang digunakan. Mulai dari model motherboard, processor, memori RAM dan directX yang digunakan.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui apakah aplikasi atau software yang ingin diinstal kompatibel dengan PC atau laptop kamu atau tidak. Karena jika tidak kompatibel, maka software tidak bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Jika kamu menyepelekan ini bisa berdampak bahaya loh, contohnya bisa bikin PC atau laptop kamu rusak jika main instal software tanpa melihat spesifikasi perangkatnya mendukung atau tidak.

2. Mengetahui Keunggulan Komponen


Mengetahui Keunggulan Komponen

Manfaat selanjutnya untuk mengetahui keunggulan komponen yang terpasang. Misalnya seperti mengetahui kecepatan atau kekuatan dan kapasitas penyimpanan perangkat mulai dari RAM, VGA dan hard disk.

Bahkan sebelum melakukan partisi hard disk kamu perlu mengetahui spesifikasi laptop atau PC kamu loh! Karena di dalam spesifikasi tersebut terdapat keterangan jumlah penyimpanan hard disk, sehingga kamu tidak melakukan kesalahan memasukan angka saat partisi.

3. Menampilkan Versi yang Digunakan



Mengetahui Keunggulan Komponen

Manfaat berikutnya adalah untuk menampilkan versi perangkat yang digunakan. Seperti versi driver, sound, LAN card, VGA dan lain sebagainya. Jadi, kalau kamu ingin meng-update perangkat atau komponennya, kamu tidak salah membeli.

Selain itu, supaya kamu juga tau komponen atau perangkat yang kompatibel dengan PC atau laptop kamu. Jadi, sebelum upgrade RAM, Hard disk, dan lain sebagainya periksa dulu ya spesifikasinya.

4. Agar Tidak Ditipu

 Agar Tidak Ditipu

Manfaat mengetahui spesifikasi laptop atau PC yang terakhir adalah untuk menghindari ditipu oleh penjual laptop atau PC. Yups, untuk menarik minat pembeli, gak heran kadang penjual akan melebih-lebihkan spesifikasi dari perangkat yang dijualnya.

Makanya kalau kamu ingin membeli laptop atau PC secara langsung di toko, alangkah baiknya kamu mengetahui cara mengecek spesifikasi laptop atau PC. Hal ini juga berlaku loh ketika kamu ingin membeli laptop bekas.

“Lantas, bagaimana cara mengecek spesifikasi laptop atau PC dengan benar?

Tenang… berikut ini kita akan menjelaskan secara detail untuk kamu mengetahui spesifikasi laptop atau PC. Jadi, disimak artikel ini sampai habis ya!

Mau Tau Spek Laptop Kamu? Ini Cara Cek Spesifikasi Laptop!

Oh iya, selain bisa mengecek spesifikasi di laptop atau komputer, kamu juga harus tau nih cara mengecek kecepatan internet di laptop. Eits, karena sudah dibahas jadi kali ini bahasnya cara cek spek laptop ya gaes!

1. Melalui ‘Windows + E’

Cara yang pertama ini paling gampang banget! Namun sayangnya informasi yang diberikan kurang lengkap. Tapi tidak apa-apa, untuk sekedar kamu mengetahui sistem operasi dan jumlah RAM yang digunakan pada laptop atau PC kamu.

Nah, untuk caranya yuk disimak berikut ini!

Pertama, kamu tekan ‘Windows + E‘ pada keyboard.

Kedua, selanjutnya akan muncul File Explorer > Kemudian pada ‘This PC‘ kamu klik kanan pada mouse > Lalu klik ‘Properties‘.

Ketiga, kemudian akan muncul System dari laptop atau komputer yang kamu gunakan. Contohnya seperti berikut ini.

2. Melalui DXdiag

Cara yang kedua juga mudah banget dilakukan! Informasi mengenai spesifikasinya pun bisa dibilang cukup lengkap. Melalui cara ini, kamu bisa mengetahui sistem operasi, jenis processor, memory yang digunakan.

Bahkan kamu juga bisa mengetahui versi DirectX, driver display (termasuk FPS monitor) dan sound yang digunakan. Terakhir kamu juga bisa mengetahui input yang digunakan. Nah, untuk caranya yuk disimak berikut ini!

Pertama, kamu tekan ‘Windows + R‘ pada keyboard.

Kedua, kemudian kamu ketik ‘DXDiag‘ > Lalu kamu tekan ‘Enter‘ pada keyboard.

Ketiga, selanjutnya akan muncul DirectX Diagnostic Tool yang berisi spesifikasi dari laptop atau komputer kamu.

3. Melalui ‘MSInfo32’

Cara yang ketiga juga gak kalah mudahnya. Melalui cara ini, kamu bisa mengetahui lebih detail lagi mulai dari sistem operasi, hardware resources, komponennya dan software yang terinstal di PC atau laptop kamu.

Cara ini memang diperuntukkan untuk kamu yang memang membutuhkan detail spesifikasi PC atau laptop yang lebih jelas. Kebanyakan yang menggunakan cara ini ketika mereka ingin membeli laptop gaming. Karena membutuhkan spesifikasi yang lebih detail.

Nah, untuk caranya yuk disimak berikut ini!

Pertama, kamu gunakan fitur Search dan ketik ‘MSInfo32‘.

Kedua, setelah itu akan muncul ‘System Information‘ dan kamu klik fitur tersebut.

4. Melalui ‘Command Prompt’

Cara yang kempaat juga gak berbeda dengan yang sebelumnya namun kamu hanya perlu memasukan kode sistem saja. Melalui cara ini, kamu juga bisa mengetahui spesifikasi laptop atau PC yang cukup detail.

Mulai dari sistem operasi, jumlah penyimpanan yang digunakan dan yang masih tersedia, sistem directori yang digunakan bahkan sampai versi BIOS pun ada.

Cara ini memang diperuntukkan untuk kamu yang sedang memang kerap menggunakan Administrator Command Prompt atau bisa juga untuk yang laptopnya suka ngehang. Karena untuk menggunakannya tidak perlu banyak memakan RAM.

Nah, untuk caranya yuk disimak berikut ini!

Pertama, kamu gunakan fitur Search dan ketik ‘Command Prompt‘.

Kedua, berikutnya akan muncul Command Prompt di atasnya > Lalu kamu klik kanan pada mouse dan klik ‘Run as administrator‘.

Ketiga, selanjutnya akan muncul Administrator: Command Prompt dan ketik ‘systeminfo‘.

Keempat, kemudian akan muncul spek dari komputer kamu gaes. Seperti contoh gambar berikut ini.

5. Menggunakan Software ‘CPU-Z’


Cara yang terakhir juga sangat mudah digunakan karena aplikasinya sendiri yang akan melakukan scanning sendiri. Melalui cara ini, kamu juga bisa mengetahui spesifikasi laptop atau PC yang sangat detail.

Mulai dari sistem operasi, CPU, mainboard, memory, SPD, graphic, dan juga bench. Cara ini kerap digunakan oleh pengguna yang ingin mengganti hard disk lamanya dengan menggunakan SSD terbaik dan terbaru, sehingga tidak salah menggunakan versi.

Nah, untuk caranya yuk disimak berikut ini!

Pertama, download dan install software ‘CPU-Z‘ di laptop atau komputer > Kemudian jalankan aplikasinya dengan klik tombol ‘OK‘.

Kedua, selanjutnya akan langsung menampilkan spesifikasi dari komputer kamu. Contohnya seperti gambar berikut ini.

So, bagaimana sobat pintar? Mudah banget kan cara cek spek laptop atau komputer. Jangan lupa juga ya untuk share ke teman kamu agar tau juga nih cara cek spesifikasi komputer atau laptop.

Oh iya, kalau ada saran mengenai artikel cara mengecek spesifikasi PC dan laptop ini, boleh loh kamu tulis di kolom komentar bawah sini 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa
×
Berita Terbaru Update
close