Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Panduan Dan Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat

Rabu, 27 April 2016 | 10:14 PM WIB Last Updated 2021-04-04T03:36:52Z
Panduan cara menjaga kehamilan muda sangat perlu bagi setiap ibu hamil. Kehamilan pada minggu-minggu awal sangatlah rawan jika kita tidak berhati-hati. Dikarenakan jika sang ibu tidak berhati-hati dengan kehamilan yang baru seumur jagung atau masih awal akan rentan sekali terhadap keguguran. Dan tentunya para ibu hamil tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada kehamilanya.

Panduan Dan   Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat

Tips dan panduan cara menjaga kehamilan muda agar tetap sehat:

  • Menghindari aktifitas berat

    Pada awal kehamilan atau hamil muda pada umumnya wanita atau sang ibu akan merasakan mudah lelah dan sebagian orang ada yang sampai pingsan karena kekurangan darah atau anemia. Oleh sebab itu jangan sampai memaksakan diri untuk bekerja terlalu berat di usia kehamilan muda. Dan jangan terlalu lama berdiri dan jangan pula terlalu lama duduk, sebaiknya istirahat dengan cukup akan tetapi jangan pula berdiam diri terlalu lama karena hal tersebut malah dapat menyebabkan badan semakin tidak enak.

  • Hindarilah zat-zat yang membahayakan janin

    Cara menjaga kehamilan muda yang paling tepat adalah dengan menghindari beberapa macam makanan, obat-obatan tertentu, alcohol, kafein, serta yang sejenisnya agar terhindar dari masalah kehamilan yang membahayakan ibu dan juga janin. Mengkonsumsi rokok dan alcohol semasa masa kehamilan, maka dapat mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Seperti kelahiran premature serta gangguan lainnya terhadap janin. Begitu pula dengan kafein, harus dihindari oleh ibu hamil muda karena dapat menyebabkan terkenanya anemia.

  • Menjaga asupan nutrisi

    Kebanyakan para ibu yang sedang hamil muda selalu menjaga asupan makanan yang memiliki banyak nutrisi dan vitamin agar kandunganya selalu sehat. Memang sudah menjadi bawaan seorang ibu yang sedang hamil muda, pastinya akan mengalami rasa mual dan tidak nafsu makan. Akan tetapi untuk kesehatan dan perkembangan janin ibu harus lebih memperbanyak makan walaupun sedang tidak memiliki nafsu makan. Hal ini dikarenakan bayi yang ada di dalam kandungan membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Jadi apabila anda tidak makan, akan menyebabkan janin tidak sehat.

  • Menjaga emosi

    Untuk memberikan kenyamanan pada masa kehamilan, sebaiknya para ibu yang sedang hamil muda harus lebih bisa menjaga atau mengontrol emosi. Jagalah emosi anda walaupun pada saat hamil memang sedang memiliki rasa sensitif yang tinggi. Rasa yang sensitif saat hamil yang menjadikan mudah emosi, hal ini biasanya dipicu oleh kondisi hormone yang sedang kurang stabil. Akan tetapi rasa sensitive haruslah dilawan , karena jika hal tersebut dibiarkan akan dapat membahayakan janin dalam kandunganya.

Untuk menjaga kehamilan muda sebaiknya juga dengan menghindari aktivitas berhubungan intim terlalu seirng, walaupun itu sah-sah saja untuk dilakukan. Akan tetapi dengan hal tersebut dapat menyebabkan keguguran apabila dilakukan tidak sesuai dengan kondisi dan keinginan wanita.

Demikianlah beberapa cara menjaga kehamilan muda yang bisa anda lakukan agar kandungan anda selalu dalam keadaan sehat hingga proses melahirkan. Jika terjadi masalah sekecil apapun, maka segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih cepat.
×
Berita Terbaru Update
close