Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Sayuran Ini Sangat Bermanfaat " Brokoli "

Sabtu, 02 April 2016 | 12:42 AM WIB Last Updated 2022-06-18T05:00:03Z
Sayuran Ini Sangat Bermanfaat "  Brokoli "

detikjam.com - Banyak penelitian menunjukkan bahwa sayur brokoli termasuk dalam kategori sayuran anti kanker, sebuah studi terbaru dari Texas A&M Health Science Center telah menemukan enzim yang dapat melakukan pencegahan dengan menghancurkan sel-sel induk dari kanker. Selain itu brokoli yang mengandung senyawa sulforaphane ini juga bisa mengobati kanker, khususnya
kanker usus besar.

Manfaat brokoli merupakan salah satu sayuran yang sering dibuatkan untuk anak-anak. Brokoli memang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan pada anak-anak. Namun ternyata banyak yang tidak suka, kalau harus makan dengan sayuran ini. Brokoli memang tidak memiliki rasa seenak sayuran lain, tapi kandungan gizi memang sangat melimpih dan sangat baik bagi tubuh.

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kesulitan untuk memberikan brokoli, dapat memvariasikan menu brokoli dengan menambah jenis bahan lain. Sehingga manfaat brokoli dapat manfaat yang lain seperti manfaat jagung, manfaat daging atau manfaat wortel dapat diperoleh bersamaan.

Tentang Brokoli


Tanaman brokoli termasuk dalam jenis kubis-kubisan seperti pada manfaat kol. Pada perkembangannya, brokoli memang baru-baru saja masuk di Indonesia dan kini semakin populer, apalagi manfaat brokoli sangat dikenal bagi yang sedang menjalani program diet. Tampilan brokoli memang seperti layaknya pohon kecil dengan daunnya yang rimbun dan mirip seperti kembang kol. Seperti bayam atau kangkung, khasiat brokoli juga akan hilang jika dimasak terlalu lama.

Kandungan gizi ini memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari anak-anak, ibu hamil, dan manusia pada umumnya.

Mengontrol kolesterol


Serat pada manfaat brokoli mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan menghindarkan pula dari gejala penyakit jantung. Jadi masak brokoli dengan cara direbus untuk menghindari pemakaian minyak goreng.
Penting untuk kesehatan mata

Brokoli juga sangat kaya akan kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan memberikan pengelihatan yang lebih baik. Mata merupakan aset penting untuk kita, jadi jagalah asupan dengan asupan makanan kita dengan yang mengandung vitamin A seperti brokoli, pada wortel atau kacang panjang. Lutein pada brokoli juga mampu menjaga kerusakan mata akibat paparan sinar matahari atau penuaan.

Sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan


Kandungan sulforaphane mampu menekan resiko pada gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung. Sulforaphane mampu mempengaruhi peningkatan produksi enzim pada hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen penyebab gejala kanker dan mengeluarkannya dari sel. Dalam dunia kedokteran, kuman adalah penyebab utama luka dan kanker lambung atau pun kanker usus besar.

Sumber antioksidan

Salah satu kandungan paling tinggi dalam brokoli adalah vitamin C-nya, vitamin ini sangat penting dan berperan sebagai antioksidan yang akan membantu tubuh memerangi radikal bebas.

Bagi orang yang sering mengkonsumsi berbagai jenis sayuran setiap hari akan memiliki tingkat pencegahan pertumbuhan tumor lebih baik dari pada mereka yang jarang mengkonsumsi sayuran.

Jadi, selain brokoli sebaiknya anda mengkonsumsi sayuran dari berbagai jenis setiap hari, dengan melakukan pencegahan, tubuh akan menjadi sehat dan insya Allah penyakit kanker tidak jadi menyerang tubuh kita.

"Text Dan Gambar Disari dari berbagai sumber*
×
Berita Terbaru Update
close