Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Cara Menjaga Kehamilan Yang Sehat

Selasa, 28 Juni 2016 | 2:20 PM WIB Last Updated 2022-06-02T09:37:46Z
Cara Menjaga Kehamilan Yang Sehat

detikajam.com - Cara Menjaga Kehamilan Yang Sehat - Mendapatkan kehamilan, berarti mendapatkan anugerah yang tidak terkira dari Yang Maha Kuasa. Kehamilan adalah suatu anugerah yang harus diperhatikan betul, dipelihara dan dijaga dengan baik hingga nantinya saat lahir menjadikannya seorang bayi yang sehat dan berkualitas. 

Namun ada kalanya seorang ibu hamil belum mengetahui secara pasti hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama kehamilan, terutama pada saat kehamilan pertama. Hal ini justru penting diketahui oleh para ibu hamil untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan berkualitas.

Cara Menjaga Kehamilan Yang Sehat
Kesehatan bayi yang ada didalam kandungan bagi calon orangtua merupakan prioritas nomor 1 bagi ibu. 

Banyak sekali cara untuk menjaga kesehatan banyi dalam kandungan dan juga kesehatan sang ibu pada saat hamil. 

Karena sudah pasti semua orang tua tentu sangat menginginkan buah hati bayi nya dapat lahir ke dunia dalam keadaan sehat dan selamat tanpa kekurangan apapun, oleh karena itu pada masa kehamilah sudah seharusnya para orang tua lebih memperhatikan perkembangan dan kesehatan buah hati yang masih dalam kandungan dan masih sangat rentan ini. 

Untuk para ibu yang sedang hamil, memang dituntut perhatian ekstra yang jangan sampai terlewatkan untuk menjaga kandungan, yang tentu saja sebaiknya dibantu oleh sang suami tercinta.

Kesehatan ibu dan janin dalam kandungan memang harus selalu dijaga. Namun apakah Anda mampu mengenali tanda kehamilan yang sehat?


Coba simak daftarnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

  1. Mual dan muntah
    Jangan khawatir jika ibu hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Menurut dokter, hormon adalah penyebab kondisi ini dan mual termasuk fenomena yang normal terjadi.

  2. Payudara mengencang
    Hampir 90 persen wanita mengalami kondisi payudara yang semakin kencang dan padat selama hamil. Ini adalah tanda bahwa produksi ASI sudah dimulai dan kehamilan berjalan lancar.

  3. Tekanan darah normal
    Bagaimana dengan tekanan darah? Sebaiknya tekanan darah pada trimester pertama dijaga agar tetap normal sebagai salah satu syarat untuk menjalani kehamilan yang sehat.

  4. Perubahan perut
    Perut yang kian membesar juga termasuk salah satu tanda kehamilan sehat. Dokter pun biasanya memeriksa perubahan perut yang terjadi untuk memastikan kesehatan ibu dan janin.

  5. Pertumbuhan janin
    Wajar jika ibu hamil mengalami gerakan di dalam rahim pada minggu ke-15 kehamilan. Ini adalah tanda bahwa kehamilan berjalan lancar dan sehat.

  6. Kadar hormone
    Kadar hormon estrogen dan progesteron yang stabil adalah indikasi lain dari kehamilan sehat. Jika kadar keduanya sama-sama rendah, ibu hamil rentan mengalami keguguran.

  7. Berat badan bertambah
    badan berperan penting dalam proses kehamilan sehat. Setidaknya ibu hamil akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak 10-20 kg selama hamil.

  8. Minum air cukup
    Pastikan kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi demi menjaga kehamilan sehat. Sebab minum air cukup mampu mencegah kaki kram dan penggumpalan darah.

  9. Makan sehat
    Beberapa ibu hamil mungkin akan kehilangan nafsu makan ketika memasuki trimester pertama. Namun sebaiknya konsumsi makan sehat tetap dijaga demi menjaga kesehatan ibu dan janin.
Itulah berbagai tanda kehamilan yang sehat. Jika ada yang tidak beres pada tubuh, sebaiknya segera hubungi dokter. Semoga Bermanfaat
×
Berita Terbaru Update
close