Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Manfaat Tersendiri Dalam Menyusui Pada Malam Hari

Kamis, 23 Juni 2016 | 11:28 AM WIB Last Updated 2022-06-18T05:25:33Z
Manfaat Tersendiri Dalam Menyusui Pada Malam Hari
Manfaat Tersendiri Dalam Menyusui Pada Malam Hari

detikjam.com - Manfaat Tersendiri Dalam Menyusui Pada Malam Hari - Ibu-ibu pasti pernah mengalami, anak bayinya rewel tengah malam minta disusui. Kadang mungkin terasa agak menjengkelkan, tetapi dokter mengatakan bahwa menyusui malam punya manfaat tersendiri.

"Menyusui malam penting untuk keberhasilan ASI Eksklusif, karena prolaktin memang lebih aktif di malam hari," kata dr Melanie Yudiana Iskandar, SpA dari RS Bunda, ditemui dalam perayaan 30 Tahun Philips Avent

Pada bayi usia 1 bulan ke bawah, menyusui malam bisa dilakukan tiap 2 jam dengan durasi masing-masing 20-30 menit. Pada usia yang lebih lanjut, frekuensinya mulai bisa dikurangi misalnya menjadi tiap 3-4 jam.

Prolaktin, menurut dr Melanie merupakan hormon penting yang dibutuhkan dalam produksi ASI (Air Susu Ibu). Menyusui di malam hari membuat hormon ini lebih aktif, sehingga produksi ASI tidak tersendat. Kebanyakan ibu menyusui gagal dalam memberikan ASI Eksklusif karena produksi ASI menurun.

Menurunnya produksi ASI disebabkan oleh banyak faktor, termasuk nutrisi dan kondisi kebugaran tubuh. Frekuensi pumping maupun menyusui juga berpengaruh, semakin sering dilakukan akan merangsang payudara untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Terkait dengan hormon prolaktin, produksi ASI juga bisa dipengaruhi oleh adanya tumor di otak. Prolaktin dihasilkan oleh bagian otak yang disebut hipotalamus, dan produksinya akan menurun jika terdapat gangguan di bagian tersebut.

Pada ibu-ibu bekerja atau populer dengan istilah working mom, produksi ASI yang menurun paling banyak terjadi karena jarang pumping. Kurangnya fasilitas dan dukungan dalam bentuk kesempatan khusus untuk pumping masih dikeluhkan oleh banyak ibu bekerja yang masih menyusui.

×
Berita Terbaru Update
close