Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Tanda Kehamilan Pada Saat Minggu Pertama

Kamis, 02 Juni 2016 | 1:20 PM WIB Last Updated 2021-04-04T03:35:44Z
Tanda Kehamilan Pada Saat Minggu Pertama - Semua wanita pasti ingin tau bagaimana terjadinya tanda kehamilan. Karena biasanya tanda-tanda munculnya kehamilan memang sangat di nantikan untuk seorang wanita yang sudah menikah, dengan adanya kehamilan rumah tangga bagaikan diberi sebuah anugerah yang besar oleh Tuhan Yang Maha Esa, selain itu hal ini juga menandakan bahwa pasangan suami istri memiliki tingkat kesuburan yang cukup baik, jika tanda-tanda atau ciri-ciri hamil telah datang, maka buah hati yang didambakan selama ini hanya tinggal menunggu waktu saja, dan rasanya sebuah keluarga akan terasa begitu lengkap dengan kehadiran si buah hati.
Tanda Kehamilan Pada Saat Minggu Pertama
Tetapi ada banyak juga dari pasangan suami istri yang belum mengetahui dengan pasti tanda-tanda kehamilan akan datang. Bahkan ada yang belum bisa membedakan mana yang benar-benar tanda kehamilan dengan tanda-tanda datangnya menstruasi, dikarenakan banyak kasus yang telah terjadi ketika ciri-ciri kehamilan agak mirip dengan ciri-ciri menstruasi. Yang mengerikan jika Bunda tidak tahu tanda-tanda kehamilan adalah dapatmenyebabkan terjadinya keguguran.

Penyebab keguguran tersebut dapat disebabkan karena Bunda masih saja melakukan aktivitas dan konsumsi makanan yang dilarang pada saat hamil, sedangkan yang terjadi Anda sedang hamil. Selain itu jika Bunda tidak tahu akan datangnya tanda-tanda kehamilan maka persiapan yang matang untuk menyambut kehamilan akan terlupakan.

Namun ada sebaliknya dari beberapa pasangan suami istri ada yang kebingungan dan stres disebabkan tanda-tanda hamil yang mereka duga ternyata hasilnya negatif, sehingga hilang dan buyar lah semua bayangan mengenai sang buah hati. Biasanya seorang wanita hanya menilai tanda kehamilan dengan melihat beberapa sebab saja, yaitu menstruasi yang datang terlambat. Hal ini memang dibenarkan, kalau ciri-ciri hamil adalah terlambatnya seorang wanita menstruasi. Namun perlu juga Anda ketahui, menstruasi yang datang terlambat bukan hanya disebabkan oleh kehamilan saja, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi telatnya menstruasi contohnya seperti, kelelahan, gangguan hormonal, stres, dan lainnya.Untuk itu agar anda bisa memastikan tanda - tanda kehamilan baiknya anda simak dibawah ini
  • Ukuran Dada Membesar
    Salah satu tanda-tanda seorang wanita hamil
    adalah membesarnya ukuran dada, dikarenakan hormon progesteron dan esterogen semakin meningkat. Dan setelah itu tekstur dada juga akan semakin lembut, dan menyebabkan rasa sensitif yang tinggi pada bagian dada, bahkan saat disentuh akan terasa sakit. Puting susu juga akan membesar dan warna puting akan semakin gelap, ditambah rasa gatal. Lalu akan ada peningkatan aktivitas hormon HPL, hormon HPL sendiri di produksi oleh tubuh saat Bunda sedang hamil untuk mempersiapkan ASI untuk buah hati Bunda saat lahir nanti
  • Munculnya bercak darah dan di ikuti kram perut
    Pada 8-10 hari s
    etelah terjadinya ovulasi biasanya akan muncul bercak darah sebelum menstruasi. Hal ini disebabkan oleh implantasi, bisa disebut juga menempelnya dinding rahim dengan embrio. Nah ini yang sering di salah artikan oleh banyak wanita, karena biasanya bercak darah ini dianggap sebagai menstruasi oleh banyak wanita Biasanya bercak darah ini juga akan mengakibatkan kram pada perut, namun kram pada saat hamil ini bisa terjadi secara teratur, dan bunda akan mengalami kram perut ini sampai masa kehailan trimester kedua. kram ini akan berhenti sampai letak uterus sudah berada ditengah.
  • Mual dan Muntah
    Hampir semua wanita
    akan mengalami mual dan muntah saat kehamilan datang. Ini disebabkan peningkatan hormon. di dalam aliran darah yang muncul tiba-tiba. hormon ini disebut hormon HCG, bahkan hormon ini juga akan meningkat pada saluran air seni. sebab itulah kehamilan dapat di tes menggunakan test pack. Rasa mual akan terus terjadi sampai masa hamil trimester kedua, ada baiknya segera konsultasikan hal ini pada dokter, karena rasa muntah dan mual ini akan mengganggu proses kehamilan Bunda.
  • Pusing Dan Sakit kepala
    Faktor fisik dapat menyebabkan gangguan sakit kepala dan pusing
    pada saat kehamilan, hal ini disebabkan karena rasa mual, lapar, tekanan darah rendah, dan lelah. Selain itu akan terjadi rasa tegang dan depresi. rasa pusing juga bisa disebabkan karena adanya peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh. bahkan hal ini dapat menyebabkan rasa ngantuk yang berlebihan.
  • Telat Haid
    Biasanya jika Bunda sudah telat haid, maka rasa keinginan untuk buang air kecil akan terlalu sering dari sebelumnya, penyebab hal ini karena adanya peningkatan sirkulasi darah yang disebabkan tekanan kandung kemih yang terus menekan rahim. karena kandung kemih telah penuh oleh urine sehingga menyebabkan buang air kecil yang terlalu sering, namun jangan pernah Bunda untuk menahan rasa keinginan buang air kecil ini, selain itu jangan lupa untuk terus minum air 8 gelas perhari untuk menghindari dehidrasi
  • Sering mengantuk
    Pada masa kehamilan dapat juga menyebabkan rasa kantuk dan lelah, hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormonal, tapi bisa juga disebabkan oleh kinerja dari beberapa organ vital salah satunya adalah jantung, paru-paru, dan ginjal semakin meningkat. perut yang kian membesar juga akan sedikit membebani tubuh bunda pada masa kehamilan.
  • Sering meludah
    Sering meludah akan terjadi pada masa kehamilan Anda, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon esterogen, hal ini bisa terjadi pada kehamilan trimester pertama, dan biasanya akan menghilang pada masa hamil trimester kedua.
  • Sembelit Hormon progesteron yang semakin meningkat akan menyebabkan rasa sembelit, hormon ini juga akan mengendurkan otot-otot dinding usus dan otot rahim yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa sembelit. Tetap hal ini juga dapat menguntungkan Bunda saat masa kehamilan, karena dapat memungkinkan penyerapan nutrisi yang baik untuk tubuh
  • Naiknya temperatur basal tubuh
    Bila Anda memang benar-benar hamil, biasanya Bunda kan mengalami peningkatan suhu basal tubuh, kondisi ini akan terus terjadi pada masa kehamilan Bunda, bahkan hal ini tidak akan menurun ke kondisi sebelum ovulasi terjadi.
Ciri-ciri hamil diatas bersifat personal, dan tanda-tanda diatas belum tentu dialami oleh semua wanita, namun jika bunda ingin lebih memastikan datangnya tanda-tanda kehamilan baiknya dilakukan test kehamilan slah satunya menggunakan test pack. Cukup sekian Bunda, artikel mengenai Tanda-tanda awal kehamilan di minggu pertama, semoga bermanfaat.Doc bunda-lita


×
Berita Terbaru Update
close