Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

6 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Dengan Mudah

Rabu, 24 Maret 2021 | 1:45 PM WIB Last Updated 2022-06-02T03:45:50Z
6 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Dengan Mudah

KLICINFO - Kecepatan internet memang sangat dibutuhkan para pengguna perangkat android supaya browsing dapat berjalan dengan baik dan lancar, bisa bermain game tanpa lag dan lain sebagainya. Bahkan menurut informasi, negara Indonesia menduduki posisi kedelapan sebagai negara yang memiliki koneksi internet lambat.

Tak hanya dipengaruhi operator provider jaringan internet saja, kecepatan akses internet di ponsel android biasanya juga disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar koneksi internet di Android menjadi lebih cepat, diantara lain:

1. Memakai Ad-Blocker


Salah satu faktor penyebab kecepatan internet di perangkat android menjadi lambat dikarenakan tidak memblock iklan. Jika hal ini terjadi, kalian bisa memblokir iklan pada browser dengan memakai Ad Blocker, seperti UC Browser atau Opera Browser.

2. Menggunakan Jaringan 4G Only atau 3G Only

Jika perangkat android kalian sudah mendukung jaringan 4G dan 3G, kalian bisa mengatur kecepatan jaringan internet dengan dua opsi jaringan tersebut. Untuk bisa mengaktifkan jaringan internet 4G atau 3G caranya cukup mudah, pilih menu setting lalu pilih more, kemudian mobile network, selanjutnya pilih network mode, dan pilih jaringan 4G only atau 3G only sesuai kebutuhan.

Kalian juga bisa memakai aplikasi 3G atau 3G speed optimizer yang berfungsi mempercepat akses internet sampai 200%. Pasalnya aplikasi ini bisa bekerja dengan memberikan tweak secara khusus sehingga bisa memberikan keleluasaan dalam memilih dan mengatur kecepatan akses internet sesuai keperluan. Untuk memakai aplikasi ini, smartphone Anda harus di root terlebih dulu.

3. Cara Mempercepat Akses Internet Dengan Menghapus Cache

Aplikasi yang memiliki cache jika dibiarkan bisa memberatkan performa pada perangkat smartphone kalian. Selain performa, juga bisa membuat proses layanan data internet kalian menjadi berat jika cache menumpuk. Supaya koneksi internet di perangkat smartphone kalian semakin cepat, maka harus rutin-rutin untuk membersihkan cache-nya.

kalian bisa memakai bantuan Clean Master atau One Tap Cache Cleaner. Di samping itu, kalian juga bisa menghapus cache dengan mudah pada menu settings lalu pilih storage dan cache, selanjutnya pilih opsi Clear Cache.

4. Gunakan VPN

Ada berbagai macam aplikasi VPN di Play Store, kalian cukup memilih mana aplikasi yang mempunyai rating tinggi. Selain dapat mempercepat akses internet, menggunakan aplikasi VPN juga bisa digunakan untuk membuka web yang telah diblokir pemerintah. Pastikan untuk terhubung dengan IP Address di lokasi/negara yang sesuai.

5. Nonaktifkan Tethering

Tethering adalah aktivitas yang bermanfaat untuk menjadikan perangkat smartphone sebagai hotspot. Lebih singkatnya, kalian bisa menjadikan perangkat android kalian sebagai perangkat Wifi portable kemudian membagikan koneksinya ke perangkat lainnya.

Akan tetapi, dikarenakan jaringan internetnya harus terbagi-bagi, tentu saja kalian harus siap-siap untuk berbagi bandwidth bersama perangkat lainnya. Untuk mempercepat jaringan internet Wifi, kalian harus menonaktifkan fitur tethering sehingga jaringan internet tetap fokus pada ponsel kalian.

6. Setting User Agent

Sekarang ada banyak sekali situs yang sudah responsive supaya bisa menyesuaikan tampilan secara otomatis jika dibuka lewat perangkat smartphone. Meskipun demikian, terkadang masih saja ada pihak yang tetap memaksa memakai tampilan web untuk komputer di ponsel.

Hal tersebut justru membuat akses internet menjadi lebih berat. Agar bisa mengakalinya, kalian bisa mengganti user agent pada browser ke mobile. Setting user agent tersebut bertujuan untuk kompres data menyesuaikan tampilan mobile.

Itulah cara mempercepat koneksi internet android dengan mudah. Bagi kalian penggila internet, seperti untuk browsing, streaming, game online, video call, dan lain sebagainya, kami menawarkan layanan internet GIG dari Indosat Ooredoo dengan berbagai macam fitur dan keunggulan yang bisa kalian nikmati selama berselancar di internet.

Artikel ini telah tayang di gig.id dengan judul "6 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Dengan Mudah!",
×
Berita Terbaru Update
close