Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Cara kerja SSL Pada Halaman Website

Selasa, 20 April 2021 | 8:39 AM WIB Last Updated 2022-05-09T06:41:16Z


detikjam.com - Cara kerja SSL Pada Halaman Website Pengertian dan kegunaan SSL untuk Website – SSL(Secure Socket Layer) merupakan suatu standar protokol web browser yang berfungsi untuk melindungi halaman website. Keamanan menggunakan SSL dapat dijamin dengan menggunakan kombinasi algoritma dimana alamat resmi suatu web dienkripsi dengan aman menggunakan sertifikat yang telah standar. 

website yang data nya sangat di rahasiakan wajib menggunakan SSL salah satu toko online, toko online terdapat transaksi data berhubungan dengan uang.

Untuk mengetahui apakah situs website menggunakan SSL dengan tidak di tandai dengan protokol situs tersebut. Halaman dengan SSL menggunakan protokol Https , sedangkan yang tidak menggunakan hanya menggunakan http. Salah satu contoh website yang menggunakan SSL yaitu halaman yang sedang anda kunjungi ini.

Bagi Anda pengguna domain hosting pasti tidak asing dengan SSL? SSL atau Secure Socket Layer secara garis besar fungsinya adalah untuk mengamankan transmisi data antar dua sistem yang berbeda. Untuk lebih lengkapnya sudah dibahas kami bahas pada artikel Apa Itu SSL dan Seberapa Pentingnya Untuk Website silahkan dibaca dulu agar lebih jelas.

Fungsi SSL

SSL atau Secure Socket Layer yang pertama kali diciptakan oleh Netscape yang memiliki fungsi penting untuk perkembangan kemananan website. Nah berikut ini kami dari Gudang SSL sudah merangkum mengenai fungsi dari SSL, berikut daftarnya:

1. SSL Mengenkripsi Informasi Sensitif

Alasan utama menggunakan SSL adalah keamanan terutama untuk informasi-informasi sensitif yang dikirimkan melalui internet. Dengan menggunakan SSL, informasi sensitif yang dikirim akan dienkripsi dan diacak sehingga tidak akan bisa dibaca kecuali hanya alamat tujuan saja. Ini akan sangat berguna ketika berurusan dengan akun, password, nama, alamat, kartu kredit dan data penting lainnya.

2. SSL Menyediakan Authentication



Selain enkripsi, SSL juga memiliki fungsi sebagai authentication atau otentikasi. Authentication ini memastikan bahwa informasi pribadi yang Anda kirim memiliki alamat yang benar bukan kepada penipu yang mencoba mencuri data pribadi Anda. Para pencuri data bisanya berpura-pura menduplikat website atau membuat form pop-up agar Anda percaya, sehingga mau mengirimkan data pribadi kepada mereka.

Dengan memasang SSL pada website Anda, tindakan seperti ini tidak mungkin bisa terjadi. Karena akan ada proses authentication pada saat mengirim data pribadi dan proses enkripsi data yang menyulitkan hacker untuk mencuri data. Untuk tujuan pengiriman data, website yang menggunakan SSL hanya bisa dibuka oleh alamat tujuan saja, selain itu tidak bisa.

3. SSL Memberikan Kepercayaan


SSL akan memberikan kepercayaan kepada pelanggan website dengan memberikan logo gembok atau ‘green bar’ pada halaman url. Jika Anda tidak menggunakan SSL baik itu SSL berbayar atau SSL gratis biasanya akan ada tulisan warna merah bertuliskan ‘Not Secure/Tidak aman’. Survei yang dilakukan Businners Insider menyebutkan bahwa 74% keranjang belanja akan ditinggalkan karena mengetahui website tidak menggunakan fitur keamanan SSL.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan jenis Organization Validation SSL atau jenis SSL tipe tertinggi Extended Validation SSL. Kedua SSL ini cocok untuk untuk website yang mengumpulkan data pelanggan, transaksi, user login dan password.

4. SSL Untuk Kepatuhan PCI


PCI (Payment Card Industry) memberikan syarat untuk website yang memiliki transaksi menggunakan kartu kredit harus menggunakan SSL.

Cara Kerja SSL

Bagi Anda yang belum mengetahui sebenarnya bagaimana cara kerja ssl itu, silahkan simak pada pembahasan dibawah ini. Contohnnya saja ketika Anda sedang melakukan transaksi pembelian suatu produk toko online, saat itu terjadi pertukaran data antara Anda sebagai pembeli dan toko online sebagai penjual. Data yang dibutuhkan seperti nama, alamat, email, no telepon, rekening, dan data penting lainnya. Nah data inilah yang nantinya akan diamankan oleh SSL agar tidak dicuri atau bocor kepada hacker. Berikut cara kerja SSL:

Pembeli ketika mengakses website toko online yang sudah menggunakan SSL biasanya diawalai dengan https, tanda gembok atau muncul green bar sebelum url. Jika tidak ada SSL biasanya terdapat tulisan ‘Not secure/Tidak aman’ berwarma merah. Anda juga bisa mengecek secara langsung dengan bantuan SSL Checker Tool seperti pada sslshopper.

Kemudian server dari toko online yang sedang Anda kunjungi tersebut memberitahu secara otomatis bahwa toko online sudah menggunakan SSL Certificate yang ditampilkan pada browser.

SSL akan menggunakan algoritma terenkripsi dengan mengacak session key ketika proses pertukaran antara pembeli dan penjual, sehingga hacker akan kesulitan membobol data pembeli tersebut. Kemudian data barulah siap untuk dikirim kepada alamat tujuan. Hasilnya pertukaran data berjalan dengan lancar dan aman dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pada saat Anda selesai melakukan transaksi atau logout, session key SSL Certificate akan dihapus otomatis dari browser.

Pada saat Anda mengakses toko online yang tidak ber-SSL, maka lebih baik untuk meninggalkan toko online tersebut. Ini tidak berlaku pada toko online saja sebenarnya, tetapi bisa pada website, blog atau forum yang meminta Anda memasukan data-data sensitive.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi SSL Pada Website dan Cara Kerjanya. Jika Anda belum menggunakan SSL untuk keamanan website Anda, maka segeralah membeli SSL Indonesia di GudangSSL.id terbilang cukup murah mulai dari 150ribuan sampai ada yang jutaan.

Jika masih ada pertanyaan seputar SSL silahkan tulis pada kolom komentar dibawah, kita akan mencoba menjawab pertanyaan dari Anda.

Terima kasih
×
Berita Terbaru Update
close