Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Mantan Raja Spanyol Kunjungi Putranya di Madrid, Pertama dalam Dua Tahun

Selasa, 24 Mei 2022 | 10:14 AM WIB Last Updated 2022-05-24T03:14:37Z
Mantan Raja Spanyol Juan Carlos, tengah, melambaikan tangannya kepada para peserta yang hadir dalam acara perlombaan kapal layar di Sanxenxo, Spanyol, pada 20 Mei 2022. (Foto: AP/Lalo R. Villar)

DETIKJAM.COM - Mantan Raja Spanyol Juan Carlos I yang tercemar skandal, mengunjungi Felipe VI, putranya sekaligus raja yang kini berkuasa, di Madrid pada Senin (23/5). Kunjungan tersebut berlangsung singkat namun kontroversial dan terjadi hampir dua tahun setelah mantan raja itu mengasingkan diri.

Pertemuan tersebut terjadi di akhir kunjungan Juan Carlos I yang datang ke Spanyol pertama kali dalam dua tahun terakhir sejak ia pindah ke Uni Emirat Arab pada Agustus 2020.

Media Spanyol mengatakan, kunjungan singkat Juan Carlos ini menyusul perundingan berbulan-bulan antara stafnya, urusan rumah tangga kerajaan, dan pemerintah, yang menentang keras maksudnya untuk tinggal di Istana Zarzuela di Madrid.

Juan Carlos selama puluhan tahun dihormati atas perannya mengarahkan Spanyol menuju era demokrasi menyusul kematian diktator Francisco Franco pada 1975.

Tetapi skandal seputar keuangan dan kehidupan pribadi memaksanya turun tahta pada 2014 setelah hampir 40 tahun menjadi raja, dan kemudian pergi dari Spanyol.

Mantan raja yang kini berusia 84 tahun itu terbang ke Spanyol dari Abu Dhabi pada 19 Mei untuk turut serta dalam perlombaan kapal layar di mana kapal pesiar miliknya ambil bagian dalam ajang tersebut. [jm/ka]

Artikel ini telah tayang di www.voaindonesia.com dengan judul " Mantan Raja Spanyol Kunjungi Putranya di Madrid, Pertama dalam Dua Tahun ",

×
Berita Terbaru Update
close