Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Ibu Kota Negara Baru Bernama Nusantara Segera Dibangun

Jumat, 24 Juni 2022 | 1:27 PM WIB Last Updated 2022-06-24T06:27:45Z

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi. Foto: jppn.com

Detikjam.com - Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan peresmian dimulainya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melalui keterangan resmi yang dirilis Sekretariat Presiden pada Rabu (22/6/2022).

Dalam keterangan tertulis, disebutkan jika pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara resmi dimulai, dengan dibangunnya beberapa pembangunan basic mulai dari jalan tol hingga bendungan.

“Adanya bendungan ini menunjukkan pembangunan basic di infrastruktur sudah mulai. Juli nanti, pembangunan jalan utama dari jalan tol Balikpapan juga dimulai,” ujar Jokowi seperti dikutip Sekretariat Presiden.

Mengenai pembangunan bendungan yang diprioritaskan terlebih dahulu adalah Bendungan Sepaku Semoi. Desember 2023 adalah target penyelesaiannya, dengan pengerjaan dimulai paling lambat pada Februari 2023.

Bendungan Sepaku Semoi sendiri diperkirakan dapat memasok kebutuhan air untuk 1,5 juta penduduk. Air dari bendungan pun dipersiapkan agar dapat diminum langsung oleh masyarakat.

“Untuk air yang disalurkan adalah air siap minum,” tambah Presiden Joko Widodo.

Di sisi lain, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono pun meminta jajarannya menggarap Bendungan Sepaku Semoi sesuai target yang ditetapkan. Air yang ada di bendungan pun diharapkan tidak terkontaminasi oleh berbagai bakteri atau harus steril.

“Kalau [air] nggak bisa diminum langsung, percuma [ibu kota] kita pindah,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Sekedar informasi saja, pemindahan IKN telah dilakukan untuk pemerataan pembangunan di Indonesia. Rencana ini pun telah disetujui oleh DPR melalui Undang-undang Nomor 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Pemerintah pun akan melakukan pemindahan secara bertahap, dimulai pada 2022 hingga 2045.sumb sampaijauh.com
×
Berita Terbaru Update
close