Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Sejarah Di Balik Penetapan HUT Jakarta, 22 Juni Sebagai Hari Lahir Jakarta

Rabu, 22 Juni 2022 | 9:45 AM WIB Last Updated 2022-06-22T02:51:22Z
Sejarah Di Balik Penetapan HUT Jakarta,  22 Juni Sebagai Hari Lahir Jakarta
Hut DKI Jakarta yang ke-495!

Detikjam.com
- Dihari ini, Setiap 22 Juni tiap tahunnya, DKI Jakarta merayakan hari ulang tahun. Melansir situs Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Pusat, penetapan hari jadi Jakarta merujuk kepada penetapan yang dikeluarkan oleh Wali Kota Jakarta periode 1953-1958, Sudiro.

Pada masa kolonial, Belanda memperingati hari jadi Kota Batavia tiap akhir Mei. Karena pada akhir Mei 1619, Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen menaklukkan Jayakarta.

Untuk memperingati 250 tahun usia Batavia, dibangun monument J.P. Coen yang sekarang jadi halaman Departemen Keuangan, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada 1969. Namun patung itu dihancurkan pada masa pendudukan Jepang (1942-1945).

1. Mohamad Yamin, Sukanto dan Sudarjo Tjokrosiswoyo ikut peran


Sudiro kemudian menyadari perlunya peringatan ulang tahun untuk Kota Jakarta dengan cara berbeda dari perayaan berdirinya Batavia. Akhirnya, ia panggil sejumlah ahli sejarah seperti Mohamad Yamin dan Sukanto serta wartawan senior Sudarjo Tjokrosiswoyo.

Mereka ditugasi meneliti kapan Jakarta didirikan oleh Fatahillah. Kala itu Sudiro punya keyakinan kalau tahunnya itu 1527.

Tapi terkait hari, tanggal dan bulan lahirnya Kota Jakarta masih menimbulkan pertanyaan. Kemudian, Sukanto menyerahkan naskah berjudul ‘Dari Jayakarta ke Jakarta’.

Dia menduga, 22 Juni 1527 adalah hari yang paling dekat pada kenyataan dibangunnya Kota Jayakarta oleh Fatahillah. Setelah itu, naskah tersebut diserahkan Sudiro kepada Dewan Perwakilan Kota Sementara untuk dibahas.

2. HUT DKI Jakarta disahkan sejak 22 Juni 1956

Kemudian, langsung bersidang dan menetapkan bahwa 22 Juni 1527 sebagai berdirinya Kota Jakarta. Tepat pada 22 Juni 1956, Sudiro mengajukannya dengan resmi pada sidang pleno dan usulnya itu diterima dengan suara bulat.

Sejak saat itu, tiap 22 Juni diadakan sidang istimewa DPRD Kota Jakarta sebagai tradisi memperingati berdirinya Kota Jakarta.

3. DKI Jakarta rayakan HUT ke-495

Kini, DKI Jakarta menginjak usia ke-495. Pemprov DKI Jakarta akan menggelar upacara di kawasan Monumen Nasional (Monas), Rabu (22/6/2022).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan memimpin langsung upacara. Sebelumnya, Anies menjelaskan pada tahun ini Pemprov DKI memilih kata 'hajatan' daripada 'hari ulang tahun'.

Menurut Anies, pemilihan kata 'hajatan' lebih menggambarkan suasana Betawi. Kali ini, Pemprov mengusung tema 'Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi'. Menurutnya, tiga kata itu menggambarkan Jakarta selama ini.Sumb :siapgerak.com
×
Berita Terbaru Update
close