Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Negara di Asia Tenggara, Mulai Meliris Mobil Tanpa Supir

Senin, 18 April 2016 | 9:29 AM WIB Last Updated 2021-04-04T03:36:54Z
Negara di Asia Tenggara, Mulai Meliris Mobil Tanpa Supir 
Mobil tanpa sopir alias self-driving memang diprediksikan akan jadi tren dalam beberapa tahun ke depan. Sejumlah perusahaan otomotif pun berbondong-bondong mulai memproduksi mobil dengan teknologi self-driving ini.

Beberapa kota-kota berikut ini ternyata sudah menyiapkan sejumlah regulasi untuk mengatur peredaran mobil self-driving di jalanan, sehingga bisa dipastikan beberapa waktu ke depan mobil self-driving kemungkinan akan beroperasi di jalanan kota tersebut.Kota apa saja yang dimaksud?

1. Gothenurg, Swedia
Warga di kota terbesar kedua Swedia ini kabarnya akan mulai bisa menikmati fasilitas mobil self-driving di jalanan pada tahun 2017. Pemerintah kota kabarnya bakal mulai menguji mobil dengan teknologi ini bersama dengan produsen otomotif kenamaan, Volvo.

2. Pittsburgh, Amerika
Kota ini dikabarkan bakal mulai melegalkan mobil tanpa sopir berkeliaran di jalanan. Pasalnya, kota tersebut merupakan letak dari pusat penelitian mobil self-driving milik Uber.

3. Toronto, Kanada
Salah satu kota besar di Kanada itu kabarnya juga akan segera melegalkan mobil self-driving berkeliaran di jalanan. Meski Toronto bukanlah kota yang menjadi rujukan uji coba mobil-mobil self-driving seperti Pittsburgh atau Gothenurg, tapi pemerintah kota dilaporkan sudah menggodok roadmap atau peraturan terkait mobil self-driving ini sejak beberapa tahun lalu.

4. London, Inggris
Ibukota Inggris ini kabarnya sudah mempersiapkan dana sekitar USD 11 juta atau sekitar Rp145,2 miliar untuk menguji coba mobil self-driving tahun ini. Program ini termasuk dalam program pengembangan proyek transportasi regional untuk Metro Vancouver yang dikelola oleh British Columbia Ministry of Transportation.

5. Milton Keynes, Inggris
Milton Keynes jadi kota kedua di Inggris yang bakal segera melegalkan mobil self-driving di jalanan. Buktinya, saat ini ada sekitar 20 mobil yang diuji cobakan dan akan bertambah hingga 100 mobil pada tahun 2017.

6. Amsterdam, Belanda
Pemerintah Belanda dikenal sangat mendukung mobil self-driving segera menghiasi jalanan di kota-kota negara dengan wilayah kecil itu. Nah, salah satu wujud dukungan pemerintah pada program ini adalah mendukung uji coba bus shuttle listrik tanpa awak bernama Citymobil2 baru-baru ini.

7. Singapura
Kota kecil yang masih bertetangga dengan Indonesia ini dilaporkan paling siap menyambut kendaraan tanpa awak di jalanan. Pemerintah pusatnya bahkan telah mulai menguji coba angkutan umum tanpa sopir pada Januari lalu dengan jarak terbatas alias pendek. (Net/CT)

42 Views
×
Berita Terbaru Update
close