Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Terbaru Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z

Kamis, 14 April 2016 | 8:54 AM WIB Last Updated 2020-06-24T07:27:50Z
terbaru  Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z

Spesifikasi Dan Harga Yamaha Mio Z – Yamaha yang merupakan produsen yang sudah dikenal oleh masyarakat Tanah Air, tentunya bukan suatu hal yang menyulitkan bagi Yamaha untuk selalu melakukan gebrakan dan inovasi terbaru. Nah, berhubungan dengan hal tersebut, setelah mengawali tahun 2016 dengan Yamaha Aerox 125LC, kini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali meluncurkan produk skuter matiknya, Yamaha Mio Z. 

Usul punya usul, berdasarkan nama yang digunakan rasanya varian motor Yamaha terbaru ini adalah perkembangan lebih lanjut dari generasi Mio. Pada tanggal 30 Maret 2016 yang lalu, Sirkuit Sentul menjadi saksi bisu kehadiran Yamaha Mio Z secara resmi di Indonesia. 

Nah dengan kehadiran motor ini akhirnya lengkap sudah varian skuter matik dari Yamaha disamping yang kita kenal yakni Yamaha Mio M3, Yamaha NMAX, All New Yamaha Soul GT, New Yamaha Fino 125 Blue Core dan Yamaha Aerox. Oleh karena itu, sangatlah menarik untuk membahas lebih dalam tentang Yamaha Mio Z ini.





Yamaha Mio Z merupakan motor kelas matik 125 cc yang dibekali dengan teknologi Blue Core. Yamaha Mio Z ini bisa dikatakan merupakan kembaran dari Yamaha Mio M3. Perbedaannya hanya terletak pada desain bagasi Yamaha Mio Z lebih luas dan ukuran bannya saja. Dari segi desain, bodinya lebih terlihat ramping dan sedikit memiliki kesan segar serta stylish dengan sedikit beberapa lekukan tegas pada bagian bodinya. Untuk urusan mesin pun juga tak mau kalah. 

Yamaha Mio Z dipersenjatai dengan tipe mesin Air Cooled 4 Stroke SOHC dan volume silinder 125 cc yang akan memberikan tenaga cukup mantap untuk sekelas motor matik. Di samping itu, dilengkapi juga dengan sistem bahan bakar Fuel Injeksi berteknologi Blue Core yang akan menghemat bahan bakar dan sehingga akan lebih efisien. Lantas, apa saja ya keunggulan lain dari Yamaha Mio Z ini? Yuk kita bahas bersama ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Mio Z pada segmen-segmen di bawah ini.


Spesifikasi Yamaha Mio Z

Desain Ramping dan Simpel

Pada segmen awal ini, Mas Sena akan mengajak sobat untuk mengulas desain eksterior dari spesifikasi Yamaha Mio Z. Jika kita lihat secara detail dari segi tampilan luarnya, desain bodi dari Yamaha Mio Z ini memiliki kemiripan dengan Yamaha Mio M3. Perbedaannya hanya terlihat pada ukuran ban dan bagasi yang lebih besar. Sekilas, terlihat juga sudut bodi yang tajam dan meruncing dari depan hingga belakang. Dari depan, Yamaha Mio Z dibekali headlamp yang terlihat lebih modern dan tajam dengan gaya desain M-Shape Headlamp. Kemudian pada bagian samping, Yamaha Mio Z didesain dengan bentuk yang begitu ramping dan memperlihatkan kesan stylish. Untuk urusan striping, bisa dibilang tampak bagus dengan desain grafis minimalis tetapi tetap menampilkan kesan elegan. Lanjut pada sektor jok dan handle seatnya menggunakan M Style yang memperlihatkan aura futuristik dan modern. Lalu, pada segmen buritannya, Yamaha Mio Z ini memiliki bodi belakang bergaya Smokey Tail Lamp yaitu lampu belakang dengan desain ‘racy’ lengkap dengan akses smoke yang memiliki karakter tegas. Memang, jika dilihat secara keseluruhan pada bagian luarnya, spesifikasi Yamaha Mio Z yang ditawarkan ini memperlihatkan tampilan yang berkesan ramping dan elegan.


Panel Indikator Efisien dan Aman Lengkap Dengan Eco Indicator

Pada pembahasan yang kedua ini, akan membahas tentang spesifikasi Yamaha Mio Z pada sektor panel indikator (speedometer) atau dashboardnya. 

Pada bagian instrumen panel, desain speedometer pada rancangan Yamaha Mio Z ini menampilkan kesan yang lebih fresh. Desain yang tampak pada panel indikator skuter matik yang satu ini dirancang dengan konsep analog dan dengan gaya yang lebih minimalis tapi tetap menampilkan kesan elegan. 

Pada panel indikator yang disematkan pada Yamaha Mio Z ini, terbagi pada beberapa bagian, yang pertama bagian samping kiri dan kanan yang dilengkapi dengan panel Eco Indikator, lampu jarak jauh, sein indikator, dan eco indikator. Pada bagian tengah juga terbagi dua bagian yaitu bagian speedometer untuk mengukur kecepatan lengkap dengan jarum penunjuk dan indikator bahan bakar yang lengkap juga dengan jarum penunjuk. Secara keseluruhan, fitur panel indikator yang dibenamkan pada Yamaha Mio Z tersebut sangat membantu pengendaranya dalam mengendarai motor ini dan lebih efisien serta aman.


Dimensi yang Slim dan Menampilkan Kesan Stylish

Selanjutnya, akan mengajak sobat semua pada sektor dimensional dari spesifikasi Yamaha Mio Z. Apabila kita cermati kembali pada dimensinya, Yamaha Mio Z ini memiliki desain yang cukup slim atau ramping. 

Dimensinya memiliki ukuran dengan panjang 1.870 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.035 mm serta memiliki berat 94 kg. Dengan mengetahui dimensinya tersebut, Yamaha Mio Z ini akan lebih mudah dan lincah serta lebih nyaman untuk dikendarai. Selain itu, dengan Yamaha Mio Z ini memiliki ketinggian jok 750 mm sehingga akan mempermudah penumpangnya yang memiliki postur tak terlalu tinggi tanpa harus jinjit jika akan menungganginya.

Di samping itu, Yamaha Mio Z ini sangat nyaman jika dikendarai di jalanan luas maupun jalanan perkotaan yang padat. Bahkan, di jalanan yang berlubang dan banyak batu pun tetap terasa nyaman sebab Yamaha Mio Z ini memiliki ground clearance atau jarak terendah dengan tanah yang cukup tinggi, yaitu 135 mm. Di samping itu, dengan tipe rangka Underbone, Yamaha Mio Z ini memiliki bagasi yang cukup luas sehingga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang penggunanya. Sementara, untuk kapasitas tangki bahan bakar, spesifikasi Yamaha Mio Z dibekali tangki bahan bakar yang berkapasitas 4,2 L untuk sekali pengisian.



Disokong Suspensi Kokoh Ala Yamaha

Memiliki desain yang memperlihatkan gaya simpel dan stylish, tentunya motor baru besutan Yamaha ini juga dipersenjatai dengan suspensi yang kokoh dan mantap. Spesifikasi Yamaha Mio Z ini dibekali suspensi Teleskopik pada bagian depan dan suspensi Unit Swing pada bagian belakangnya. 

Sehingga, dengan didukung suspensi yang cukup kokoh tersebut, tentunya Yamaha Mio Z ini akan nyaman dan lebih stabil jika dikendarai berboncengan ataupun sendirian. Lalu, beralih pada kaki-kaki, Yamaha Mio Z mengandalkan ban depan yang berukuran 80.80-14M/C 43P dan untuk ban belakangnya 100/70-14M/C 51P. Dengan mengamati ukuran ban tersebut, ukuran ban yang disematkan pada Yamaha Mio Z ini lebih lebar dan besar dari berbagai kompetitornya. Kemudian, pada sektor pengereman, spesifikasi Yamaha Mio Z ini didukung dengan sistem pengereman Single Disc Brake pada bagian depan dan Drum Brake pada bagian belakangnya yang tentunya sangat mendukung pada segi keselamatan pengendaranya dalam posisi kecepatan yang tinggi.


Didorong Mesin Tenaga Mesin SOHC

Nah, kali ini waktunya untuk mengulas spesifikasi Yamaha Mio Z pada sektor permesinan. Seperti dengan saudara kembarnya Mio M3, Yamaha Mio Z ini juga mengandalkan mesin generasi baru dengan kapasitas isi silinder 125 cc. 

Mesin yang digunakan pada skuter matik ini adalah mesin dengan sistem transmisi otomatis bertipe V-Belt Automatic dengan rasio kompresi pembakaran yang dinilai cukup tinggi, yaitu 9,5:1. Selain itu, tipe kopling yang digunakan oleh Yamaha Mio Z ini berjenis Dry, Centrifungal Automatic. 

Dengan berbekal tipe mesin Air Cooled 4-Stroke SOHC, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 7,0 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi maksimal 9,6Nm pada putaran 5.500 rpm lengkap dengan sistem pelumasan Wet Sump yang akan menambah dorongan motor matic ini lebih bertenaga dan lincah. Di samping itu, spesifikasi Yamaha Mio Z ini mengandalkan sistem pengapian TCI dan dengan sistem pembakaran Fuel Injection akan menjadikan bahan bakar lebih irit dan efisien.


Lengkap dengan Fitur Keamanan dan Kenyamanan

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan spesifikasi Yamaha Mio Z yang terakhir. Pembahasan akhir ini akan mengulas tentang beragam fitur yang disematkan pada Yamaha Mio Z. Motor skuter satu ini sudah dipersenjatai dengan fitur speedometer yang lengkap dengan eco indikator, bagasi yang luas, smart lock system, multi function key dan smart side stand switch. Fitur Eco Indikator tersebut, akan memastikan pengendara bisa mengendalikan Yamaha Mio Z ini dengan lebih efisien supaya hemat dalam konsumsi BBM sebesar 50 % jika dibandingkan dengan matic Yamaha keluaran 2008. Selain itu, multifunction key yang memiliki 3 fungsi, yaitu kunci stang, kunci kontak, dan kunci kunci untuk membuka bagasi. 

Kemudian, fungsi dari smart lock system menjadikan Yamaha Mio Z ini lebih mudah saat mengunci rem di jalanan menanjak secara otomatis dengan mengklik fitur ini dari jari pengendara. Di samping itu, juga ada fitur pendukung lain yang melengkapi keamanan yaitu Smart Side Stand Switch di mana fitur tersebut akan menjadikan lebih aman ketika memarkirkan Yamaha Mio Z ini sebab bisa langsung mematikan mesin motor pada waktu standar samping diturunkan. Bahkan, fitur yang satu ini juga bisa memberi konfirmasi dengan tanda berkedip ketika digunakan. Cukup menarik bukan? Dengan spesifikasi Yamaha Mio Z tersebut, tentunya sobat semua bisa menikmati sensasi seru ketika berkendara.
Yamaha Mio Z
Mesin
Tipe                                Air Cooled 4-Stroke, SOHC
Kapasitas                         125 cc
Diameter x Langkah          52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi     9,5:1
Daya Maksimum              7.0 kW / 8000rpm
Torsi Maksimum               9.6 N.m / 5500rpm
Kapasitas Oli Mesin          Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Tipe Kopling                    Dry, Centrifugal Automatic
Transmisi                        V-Belt Automatic
Tipe Starter                     Electric & Kick Starter

Dimensi
Panjang x lebar x tinggi     1870 mm x 685 mm x 1035 mm
Jarak Sumbu Roda           1.260 mm
Jarak Bersih ke Tanah       135 mm
Berat Kosong                   94 kg
Kapasitas Tangki BBM      4,2 L

Rangka
Tipe Underbone
Tipe Suspensi Depan        Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang     Unit Swing
Ban Depan                       80/80-14M/C (43P)
Ban Belakang                   100/70-14M/C (51P)
Rem Depan                     Single Disc Brake
Rem Belakang                  Drum Brake

Kelistrikan
Tipe Baterai                    YTZ4V/GTZ4V
Busi                               NGK/CR6HSA
Pengapian                      TCI

Harga Yamaha Mio Z
Setelah selesai dengan ulasan spesifikasi motor terbaru Yamaha ini pada tiap-tiap segmennya, sekarang waktunya kita akan membahas kisaran harga Yamaha Mio Z ini. Akan tetapi, sebelum membahas soal harga, Mas Sena ingin memberi kesimpulan singkat dari spesifikasi motor ini yang mantap. 

Dari segi tampilan, Yamaha Mio Z ini memiliki desain tampilan eksterior yang memiliki kesamaan dengan saudaranya yaitu Yamaha M3, mulai dari depan hingga buritan. Yang berbeda hanya pada bagasi dan ban yang lebih luas serta bentuk kaca spion yang lebih runcing. Pada segi dapur pacu pun, Yamaha Mio Z ini sudah dibekali dengan mesin Tipe SOHC dengan single silinder berkapasitas 125 cc lengkap dengan sistem pengapian TCI dan  sistem bahan bakar fuel injeksi. Sehingga, Yamaha Mio Z akan terasa lebih bertenaga dan lebih efisien serta irit bahan bakar. 

Kalau masalah irit bahan bakar ini tentunya amatlah penting, karena berapapun harga Yamaha Mio Z ini, rasanya menjadi tidak hemat apabila boros “minumnya.” Di samping itu, sekuter matik ini juga dilengkapi dengan beragam fitur pendukung lain seperti Eco indikator dan multifunction key. Dengan spesifikasi dan fitur-fitur pendukung yang canggih tersebut, berapa kira-kira harga Yamaha Mio Z ini ya?

Harga yamaha mio z terbaru

Yamaha memang merupakan produsen motor yang selalu memberikan harga yang cukup kompetitif bagi para calon konsumennya. Untuk pangsa pasar otomotif Indonesia, harga Yamaha Mio Z yang dipatok memang sangat kompetitif. Dilansir dari berbagai sumber  terpercaya bahwa harga Yamaha Mio Z ini dibanderol pada angka Rp 15,1 Juta. Selisih Rp 400 ribu dari sodaranya yaitu Yamaha Mio M3. Harga tersebut sudah resmi sesuai peluncuran pertama yang diadakan pada 30 Maret 2016 lalu oleh Executive Vice President and COO PT YIMM. Namun, harga Yamaha Mio Z yang disebutkan itu merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta. Kadi tentunya ada kemungkinan terjadi perbedaan di beberapa daerah. Di samping itu, Yamaha Mio Z ini menawarkan dua varian warna, yaitu Hitam Zagoan dan Putih Zagoan yang bisa sobat pilih sesuai keinginan sobat.

Harga Yamaha Mio Z
Rp 15.100.000,- (OTR DKI Jakarta)

Dengan melihat spesifikasi dan beragam fitur canggih dari Yamaha Mio Z ini, tentunya harga Yamaha Mio Z tersebut dinilai sangat sesuai dan cocok. Mengingat, sekuter matik ini memiliki ukuran ban dan bagasi yang lebih luas dan lebar dibandingkan dengan sodaranya, Mio M3 yang lebih murah dengan selisih Rp 400 ribu yang tidak memiliki fitur tersebut. 

Dengan harga Yamaha Mio Z yang hanya di angka 15 jutaan rupiah, tentunya akan menambah persaingan otomotif dalam dunia motor yang sudah semakin ketat. Mengingat tidak hanya saudaranya, Mio M3 yang menjadi pesaingnya. Tetapi, produsen Honda juga meluncurkan Honda Vario 125 eSP yang merupakan pesaing terberatnya dan juga memiliki pangsa pasar cukup tinggi di ranah Tanah Air kita. Oke, sampai di sini dulu ya ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Mio Z yang Mas Sena informasikan. Semoga bisa bermanfaat.
×
Berita Terbaru Update
close