Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Beberapa Design Smartphone yang Menarik bila Jadi Kenyataan

Selasa, 10 Mei 2016 | 10:05 AM WIB Last Updated 2016-05-10T03:06:33Z
Beberapa Design Smartphone yang Menarik bila Jadi Kenyataan - Dalam hitungan bulan, bahkan minggu, selalu ada pemberitaan di media tentang smartphone baru yang akan dirilis atau sedang dalam tahap pengembangan. Seringkali dengan fitur-fitur baru yang belum ada sebelumnya. Siapa yang menyangka kalau telepon seluler yang beberapa belas tahun lalu hanya bisa melakukan panggilan telepon, SMS, dan game yang sangat sederhana kini sudah semakin “pintar.”


Berbagai macam fitur canggih telah dibenamkan di dalamnya, mulai dari geo tagging, sensor sidik jari, kamera dengan resolusi tinggi, dan masih banyak lagi. Tanpanya mungkin kita akan kesulitan menjalankan satu hari penuh.

Meskipun kita sekarang sudah bisa melakukan banyak hal dengan smartphone, inovator terus mencari celah-celah inovasi untuk memudahkan kita dalam beraktivitas. Berikut ini adalah beberapa konsep smartphone yang rasanya akan menarik bila jadi kenyataan.

1. Mobile Script


Desainer: Mukomelov Studio

Apakah kamu salah satu orang yang selalu membawa smartphone dan tablet setiap kali pergi? Mobile Script menggabungkan kedua hal tersebut di dalam satu gadget. Konsepnya adalah layar gadget yang fleksibel, sehingga ukurannya bisa diubah dari smartphone menjadi tablet.

Selain itu, gadget ini juga dilapisi dengan material nano yang dapat mengubah sinar matahari menjadi energi sehingga membuat baterai tahan lebih lama. Kalau benar bisa dibuat, kita tidak perlu lagi membawa gadget terlalu banyak.

2. Philips Fluid Smartphone



Desainer: Dinard da Mata

Smartphone dengan layar tampilan berbahan OLED ini sangat menarik karena desainnya yang fleksibel. Karena dapat dikenakan sebagai gelang, kamu bisa memanfaatkannya sebagai aksesori fashion yang futuristik dan multifungsi tanpa mengurangi fitur canggih smartphone.

3. Leaf Smartphone


Desainer: Robrecht Vanhauwere

Leaf Smartphone sebenarnya didesain untuk memenuhi kebutuhan akan smartphone yang stylish dan ergonomis. Meskipun kabarnya smartphone ini belum tentu akan menjadi kenyataan, tetapi desainnya sendiri sudah sangat menarik perhatian.

Bentuk yang menyerupai helai daun membuat ibu jari kita mempunyai ruang gerak lebih luas. Bentuk ini juga pasti disukai para gamer. Karena ketika posisinya diubah ke arah horizontal, dua ujung di kiri dan kanan berubah menjadi tombol joystick.

4. iPhone Next G


Desainer: Samuel Lee Kwon

iPhone 4 G (sumber: trendhunter.com)

Konsep iPhone yang sangat futuristik ini sebenarnya hanya berupa layar kecil yang seukuran tangan. Hanya saja ini bukan layar biasa, melainkan layar yang ditembakkan oleh proyektor built in.

Ukuran layar dapat disesuaikan dengan besar telapak tangan masing-masing pengguna. Kalau melihat dari bentuknya, iPhone Next G ini seolah didesain untuk menyatu dengan tubuh kita.

5. Project Ara


Desainer: Dave Hakkens

Konsep dari Project Ara yang dibuat oleh Google ini sebenarnya diambil dari rancangan desainer asal Belanda Dave Hakkens. Ia menciptakan smartphone dengan desain seperti sebuah PC yang terdiri dari berbagai komponen.

Ara juga disebut sebagai modular smartphone, karena pengguna tidak perlu membeli smartphone keluaran terbaru untuk bisa mendapatkan teknologi terkini. Sebagai contoh, pengguna bisa mengganti bagian kamera saja dengan yang lebih baru, atau bahkan menambah prosesor baru. Bayangkan kamu sedang bermain Lego, kurang lebih seperti itu konsepnya.

Seperti dilansir dari DigitalTrends, Ara akan segera dirilis tahun 2016 ini oleh Google dan akan menjadi smartphone pertama yang bisa “dibongkar pasang.” Kita tunggu saja tanggal mainnya, ya!

Kebijakan baru dari pemerintah berpotensi mengguncang bisnis smartphone Indonesia pada tahun 2017

Semoga saja ide rancangan smartphone ini tidak hanya sekadar berhenti di konsep saja tapi berhasil dieksekusi. Dari beragam konsep yang ditawarkan di atas, kira-kira rancangan smartphone apa yang paling kamu inginkan jadi kenyataan?
(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah dan Pradipta Nugrahanto; sumber gambar Shutterstock)
×
Berita Terbaru Update
close