Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Cara Berbelanja Online Tanpa Kartu Kredit

Selasa, 10 Mei 2016 | 4:18 PM WIB Last Updated 2021-05-05T06:57:10Z
Cara Berbelanja Online Tanpa Kartu Kredit

KLICINFO
- Penetrasi kartu kredit di Indonesia masih tergolong rendah. Belum lagi ketika kamu sedang mengajukan kartu kredit ke salah satu bank, rasanya sulit sekali untuk disetujui apabila kamu masih berstatus sebagai mahasiswa atau pekerja lepas. Padahal, kamu sudah “gatal” ingin membeli banyak hal yang mungkin hanya bisa atau lebih mudah didapatkan secara online.

Namun kamu tidak perlu bergundah hati, karena rubrik Techtorial kali ini akan membagikan tip bagaimana caranya melakukan transaksi yang sebenarnya menggunakan kartu kredit tanpa kartu kredit. Setelah membaca artikel ini, bersiap-siaplah untuk “khilaf”!

Bantuan asisten pribadi virtual



alah satu cara paling praktis untuk bertransaksi online tanpa perlu kartu kredit tentu saja menggunakan jasa asisten pribadi virtual. Kamu bisa menggunakan layanan dari YesBoss atau Halo Diana untuk melakukan transaksi yang hanya memiliki opsi pembayaran dengan kartu kredit.

Saya dan beberapa rekan Tech in Asia yang tidak memiliki kartu kredit sudah beberapa kali meminta bantuan mereka untuk membelikan sesuatu. Misalnya, kamu bisa meminta bantuan YesBoss dan Halo Diana untuk berlangganan Spotify, Apple Music, atau Netflix yang membutuhkan kartu kredit.

Begitu juga dengan hal lain seperti konser musik di luar negeri, membeli kumpulan game dengan harga murah di Humble Bundle, hingga barang-barang dari AliExpress, Amazon, atau eBay. Nantinya kamu cukup mentransfer sejumlah uang melalui ATM atau layanan mobile banking ke nomor rekening yang sudah ditentukan oleh YesBoss atau Halo Diana.

Kartu kredit virtual



Bagi kamu yang tidak memiliki kartu kredit fisik, mengapa tidak mencoba menggunakan kartu kredit virtual? Benda digital yang populer dengan nama VCC ini bisa menjadi alternatif kamu yang selalu kesulitan dan ditolak ketika membuat kartu kredit dari berbagai bank di Indonesia.

Cara kerja VCC mirip dengan kartu kredit sebenarnya, namun kamu hanya bisa menggunakannya ketika bertransaksi secara online saja. Untuk bisa memiliki VCC ini, kamu bisa menggunakan layanan penyedia VCC yang cukup terpercaya di dunia seperti Entropay.

Kamu bisa mendaftar secara gratis di situs Entropay, kemudian melakukan top up dengan cara transfer bank atau transfer valuta asing (valas). Setelah mengisi saldo kartu kredit virtualmu, kamu akan mendapatkan nomor kartu kredit virtual lengkap dengan tiga digit nomor CVV. Oh ya, satu kartu kredit virtual yang dibuat di Entropay berlaku hanya satu tahun.

Selain Entropay, kamu juga bisa membuat VCC dari beberapa penjual di forum seperti Kaskus atau situs online yang muncul dari melakukan pencarian Google dengan kata kunci “VCC Indonesia”. Namun, kamu harus berhati-hati terkait keamanannya.

Menggunakan layanan e-wallet atau voucher



Apabila kamu berpikir menggunakan VCC cukup merepotkan, mungkin layanan e-wallet atau voucher bisa menjadi solusi.

E-wallet berfungsi layaknya sebuah dompet virtual yang dapat kamu gunakan sebagai media pembayaran ketika bertransaksi secara online. Kamu dapat melakukan top up kepada saldo e-wallet milikmu dengan transfer bank, kemudian melakukan pembelian menggunakan saldo tersebut. Salah satu layanan e-wallet di Indonesia yang cukup populer adalah DOKU Wallet.

Beberapa situs (biasanya berhubungan dengan game) terkadang memiliki e-wallet mereka sendiri seperti Steam dan PlayStation Store. Supaya dapat berbelanja di sana kamu harus menggunakan kartu kredit atau memotong langsung saldo e-wallet situs tersebut.

Apabila kamu tidak memiliki kartu kredit untuk mengisi saldonya, kamu bisa menggunakan voucher yang dapat dibeli secara offline misalnya di 7-Eleven atau penjual game rekomendasi Tech in Asia, dan juga secara online di situs seperti UniPin, GudangVoucher, atau Codashop.

Bayar dengan pulsa




Bagi pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, kamu tidak perlu lagi bingung untuk membeli game serta aplikasi berbayar di Google Play Store. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir, operator seluler Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata sudah memberlakukan sistem potong pulsa.

Caranya mudah sekali. Kamu cukup menuju ke halaman aplikasi atau game yang ingin dibeli, kemudian pilih opsi untuk membeli. Apabila ini merupakan pembelian pertamamu, kotak dialog untuk memilih metode pembayaran akan muncul. Pilih pembayaran menggunakan pulsa, isi informasi yang diperlukan, dan konfirmasi ulang dengan memasukkan kata sandi Google Play kamu.

Ketika pembelian berhasil, maka pulsamu akan terpotong secara otomatis ditambah dengan biaya pajak sepuluh persen dan biaya administrasi sebesar dua persen. Oleh karena itu, siapkan pulsa lebih ya!

Dari Techtorial ini, kamu bisa menyimpulkan bahwa tanpa kartu kredit berarti akses untuk bertransaksi secara online menjadi terbatas. Oh iya, saya tidak bosan-bosannya untuk mengajak kamu berbagi apabila memiliki cara lain yang belum disebutkan dalam artikel ini pada kolom komentar. Selamat mencoba!

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)
×
Berita Terbaru Update
close