Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Tips Untuk Mengatasinya Kelelahan Pada Wanita Hamil

Rabu, 11 Mei 2016 | 11:07 AM WIB Last Updated 2021-04-04T03:36:21Z
Tips Untuk Mengatasinya Kelelahan Pada Wanita Hamil  - Kelelahan adalah hal yang tidak bisa dihindari pada wanita hamil. Selama kehamilan, tubuh bunda bekerja sangat keras untuk memastikan pertumbuhan janin berjalan baik. Biasanya, kelelahan akan berkurang pada trimester kedua ketika tubuh sudah mulai bisa menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal yang sering terjadi secara tiba-tiba di dalam tubuh.

Tips Untuk Mengatasinya Kelelahan Pada Wanita Hamil
 
Penyebab kelelahan menjelang persalinan


Kelelahan yang sangat akan mulai terasa kembali menjelang persalinan. Penyebabnya adalah peningkatan berat badan yang memberikan beban lebih pada tubuh dan sulit tidur (insomnia) yang biasa terjadi pada ibu hamil pada trimester akhir. Kelelahan tersbut bisa juga dipicu oleh anemia, jarak antar kehamilan yang terlalu dekat, atau bila bunda sedang hamil anak kembar.

Tips mengurangi kelelahan pada ibu hamil

  1.  Rendahnya level gula darah (hypoglicaemia) dapat memicu kelelahan. Karena itu, usahakan level gula darah tetap stabil dengan cara tetap makan walaupun sedang mengalami morning sickness. Makanlah dalam porsi-porsi kecil namun sering, Hal ini lebih efektif untuk menjaga stabilitas level gula darah daripada makan dalam porsi besar namun jarang.

  2. Perbanyak makan buah dan sayur supaya tubuh tidak kekurangan nutrisi penting.

  3. Usahakan cukup minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat kelelahan yang dialami ibu hamil semakin parah.

  4. Pastikan tubuh cukup zat besi dengan mengkonsumsi daging merah, hati, sayuran berdaun hijau, dan sebagainya. Para wanita yang sedang hamil biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen zat besi. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui suplemen apa yang cocok bunda konsumsi (beberapa produk suplemen zat besi dapat memicu konstipasi) dan minumlah suplemen zat besi setelah makan untuk mencegah efek samping dari suplemen tersebut.

  5. Usahakan bunda cukup beristirahat. Keluar dari ruang kerja dan berjalan-jalanlah sejenak atau makan pada waktu istirahat siang supaya bunda memperoleh udara segar. Ambillah cuti bila bunda merasa sangat kelelahan supaya bisa lebih banyak beristirahat. Bila bunda tidak bekerja dan mengasuh anak-anak di rumah, usahakan untuk tidur sejenak ketika anak-anak tidur siang. Delegasikan juga beberapa tugas rumah tangga pada asisten rumah tangga atau keluarga yang bersedia membantu.

  6. Lakukan olahraga ringan setiap hari, misalnya yoga atau lakukan kegiatan yang bisa membuat tubuh rileks, seperti pijat khusus ibu hamil atau shiatsu.

  7. Berendamlah di air hangat yang diberi minyak aromateraphy (misalnya lavender atau bergamot), usahakan jangan lebih dari 3 tetes setiap penggunaan. Minyak aromatheraphy seperti lavender aman digunakan sesekali pada saat kehamilan memasuki trimester ketiga.

  8. Hindari stres dan jangan ragu-ragu menceritakan perasaan bunda kepada pasangan, keluarga, atau teman yang bersedia membantu. Bila perlu, hubungi konselor yang berpengalaman untuk membantu bunda mencurahkan pikiran. Bila tingkat stres sudah terlalu tinggi hipnoteraphy dapat dilakukan untuk membantu meringankannya.
Sumber balitapedia.
×
Berita Terbaru Update
close