Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Cara Terbaik Agar Anak Bisa Gemar Membaca

Selasa, 21 Juni 2016 | 2:29 PM WIB Last Updated 2021-04-04T03:34:54Z
Cara Mudah Dan Cepat Mengajarkan Anak Membaca  - Sebagai seorang ibu, tentu anak cepat bisa membaca merupakan hal yang sangat di inginkan. Namun terkadang ada beberapa kendala yang sulit sekali membuat anak untuk bisa membaca.
Cara agar Anak Cepat bisa membaca
Dalam hati bunda pasti bertanya-tanya kan? bagaimana cara agar anaknya bisa cepat membaca. beberapa point penting ini harus bisa Bunda terapkan dirumah, agar anak pandai membaca. Yuk simak aja Bunda.

Agar Anak mau membaca Hindari melakukan ini pada Anak

  • Jangan sampai anak Bunda menjadi jenuh, dengan mengajarkan anak secara ingin cepat atau terlalu sering memberinya tes. 
  • Hindari terlalu memaksa saat mengajarkannya
  • Bunda harus rileks dan jangan kaku atau tegang saat mengajarkan anak, lebih baik tunggu beberapa menit atau tunda terlebih dahulu jika memang suasana sudah tidak mendukung aktivitas ajar mengajar
  • Hindari dulu mengajari anak dengan abjad yang rumit dan ada baiknya ajarkan dengan kata-kata terlebih dahulu Yang Harus Bunda lakukan saat mengajar
Yang Harus Bunda lakukan saat mengajar

  • Buatlah suasana hati anak senang dan bergembira serta nyaman dalam menerima pelajaran yang Bunda berikan.
  • Ciptakan metode atau cara yang berbeda dan lebih menghibur, dan tidak membuat anak bosan 

Mengajarkan anak membaca dengan Metode Glen Doman (Tahap I) 

Ada baiknya Bunda menunda terlebih dahulu untuk mengajarkan anak dengan huruf dan abjad, lebih baik gunakan unsur terkecil dari huruf yaitu kata-kata.

Sebuah kata merupakan hal konkrit, dan huruf adalah abstrak, anak akan mudah jika diajarkan dengan hal konkrit terlebih dahulu bukan hal abstrak yang akan membuatnya terlalu keras berpikir.

Nah, agar anak bisa lebih mudah menangkap pelajaran membacanya, lebih baik Bunda mengajarkan anak membaca dengan sederhana dengan cara pengenalan kata-kata, dan yang paling populer metode digunakan adalah metode glen doman. selengkapnya Bunda bisa mengikuti cara dibawah ini:

  1. Buatlah beberapa kata yang dapat dibagi menjadi 3 set category dan dibentuk dalam kartu yang terbuat dari karton dan spidol. Tulislah kategory tersebut menggunakan spidol dan buat beberapa kata yang telah dibagi menjadi 3 set category A, category B. dan category C.
  2. Contohnya, tuliskan nama-nama anggota keluarga di set A (Ibu, Ayah, nenek, kakek< Tante) dan di set B atur dengan nama buah (jambu, pisang, durian, jeruk, dan apel), dan category C tuliskan dengan nama binatang seperti (Angsa, Kambing, Kuda, kelinci, dan gajah)
  3. anak Bunda mengambil kartu yang paling depan didalam tumpukan pertama category A, lalu Bunda bacakan secara perlahan dan ajaklah anak Bunda untuk ikut menirukannya.

  • Untuk hari ke-2 dengan cara seperti ini category A = 3x, category B = 3x
  • Untuk hari ke-3 tes semua kategori seperti contoh category A = 3x, categoruB = 3x, dan category C = 3xHari 
  • Untuk hari-hari selanjutnya lakukan seperti cara dihari ketiga. 
  • ingat, Bunda tidak harus menjelaskan apa arti yang sedang dibaca oleh anak 
  • tidak boleh lebih dari 2 detik, setelah itu langsung ambil kartu dari belakang tumpukan dan lakukan seperti cara pertama
  • Sebaiknya Bunda memperhatikan wajah anak saat menyebutkan sebuah kata, perhatikan kata yang sangat disukai dan yang tidak disukai anak Bunda.
  • Tidak perlu menyuruh anak untuk mengulangi kata-kata yang telah dibacanya. 
  • Jika sudah membaca lima kata, hentikan pelajaran, lalu cium dan peluk anak Bunda dan berilah pujian untuk menunjukkan bahwa Bunda sangat bangga terhadap anak yang mau belajar

  1. untuk hari ke-3 tes semua kategori seperti contoh category A = 3x, categoruB = 3x, dan category C = 3xHari
  2. Untuk hari-hari selanjutnya lakukan seperti cara dihari ketiga.
  3. Untuk hari pertama, lakukan cara diatas dibagian category A maksimal 3 kali
  4. Untuk hari ke-2 dengan cara seperti ini category A = 3x, category B = 3x

  • setiap kata yang dibaca baiknya ulangi sebanyak 14 - 24 kali. jika sudah melebihi itu, ubah kata-katanya. contohnya jika telah hari ke-6 ambil satu kata dari semua category dan ubah dengan kata yang baru.
  • setelah satu kategori yang bunda baca selesai baiknya langsung di acak kembali, ini dilakukan agar anak tak bisa menebak kata yang berurutan.
  • jangan mengulangi kata yang telah Bunda bacakan, agar bunda tidak keliru saat menandai semua kata yang sudah dibaca. gunakan pensil untuk setiap kata yang sudah dibaca. tanda ini juga berfungsi untuk patokan supaya bunda tahu kalau kata tersebut sudah berapa kali dibaca. 

Gimana Bunda, cukup mudah kan cara mengajarkan anak agar cepat bisa membaca? kalau bunda melakukan in secara rutin, tidak menutup kemungkinan anak bunda akan cepat bisa membaca.Doc bunda-lita

×
Berita Terbaru Update
close