Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Hal YangHarus Diperhatikan Setelah Menikah

Sabtu, 11 Juni 2016 | 2:41 PM WIB Last Updated 2016-06-11T07:54:29Z

Hal YangHarus Diperhatikan Setelah Menikah - Usai melangsungkan akad nikah maupun resepsi pernikahan, kini saatnya sang mempelau menjalani kehidupan baru menjadi seorang suami dan istri. Tanggung jawab pun mulai bertambah. Nah bagi kalian yang akan menikah ataupun baru menikah, berikut hal-hal yang harus kalian pikirkan dan rencanakan dengan matang agar tidak menyesal dikemudian hari.
Hal yang harus diperhatikan setelah menikah
1. Nafkah

Mencari nafkah memang kewajiban seorang suami, namun bukan berarti sang istri tidak boleh membantu mencari nafkah.  Bagi kalian pasangan pengantin baru yang masih ingin mengejar karir ataupun membangun bisnis, sekaranglah saatnya. Selagi fokus belum terpecah kepada si buah hati, maksimalkan waktu, kesempatan dan peluang yang ada untuk menggali diri kalian agar pundi-pundi rupiah terkumpul dan siap menjalani kehidupan yang lebih kompleks.
Sekedar sharing, saya pun dulu memilih untuk resign dari pekerjaan kantoran dan berkomitmen untuk membuka usaha kecil. Saat itu saya membuka usaha laundry yang beroperasi 4 tahun. Hmm ya namanya juga mencari jati diri, menginjak tahun ke 5, kami pun mulai jenuh dan memutuskan untuk menjual laundry tersebut, dan beralih ke di bidang properti bersama suami saya yang kebetulan bergelut di bidang arsitek.

2. Merencanakan kehamilan

Hampir rata-rata 90% orang Indonesia, ketika menikah harus langsung sesegera mungkin memiliki momongan. Namun tidak demikian dengan kami. Rencana awal kami ingin menunda kehamilan sekitar 1 tahun, lalu menginjak tahun kedua, ternyata kamipun belum siap juga untuk memikul tanggung jawab sebagai orang tua. Dan di tahun ketiga kami pun mulai memberanikan diri untuk merencanakan kehamilan.
Menurut kami, perencanaan sangat penting karena berkaitan dengan apa yang harus kita lakukan di tahun-tahun tersebut. Nah bagi kalian yang berencana untuk menunda kehamilan, silahkan putuskan alat kontrasepsi yang sesuai dengan kalian, dan manfaatkan masa-masa berdua kalian dengan sebaik mungkin. Bagi pasangan yang ingin langsung memiliki momongan, siapkan tabungan dan siapkan mental kalian 😀

3. Pilihan hunian

Sudah berumah tangga, kok rasanya kurang nyaman yah tinggal dirumah orang tua? Ada banyak pilihan untuk kalian pasangan muda.

Bagi yang memiliki cash flow cukup besar, namun tabungan tidak terlalu besar, sebaiknya kalian pilih rumah kos untuk pilihan huniannya. Saat ini sudah banyak model kos elit yang fasilitas dan ruangannya besar sehingga cukup nyaman untuk pasangan muda.
Bagi yang memiliki tabungan cukup, sebaiknya pilih kontrak rumah tahunan. Selain harga per bulannya lebih murah dibanding kos an, kalian juga bisa leluasa mengundang orang tua atau keluarga datang untuk menginap. Kalau di kos an, agak terbatas karena biasanya ruangannya cuma 1 kamar.
Bagi yang mampu membeli rumah, alangkah baiknya jika kalian mengupayakan untuk segera membeli rumah. Karena jika ditunda, kenaikan harganya jauh lebih besar dibanding kenaikan pendapatan kita. Jika diperhatikan rata-rata kenaikan harga tanah di Denpasar setiap tahun naik 30%, sedangkan gaji ataupun penghasilan kita belum tentu sebesar itu kenaikannya. Jadi apabila ada kesempatan, jangan pernah takut untuk memutuskan membeli rumah sesegera mungkin.

Semoga artikel ini bermanfaat.


×
Berita Terbaru Update
close