Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Makanan Sehat Agar Cepat Hamil

Kamis, 16 Juni 2016 | 10:30 AM WIB Last Updated 2022-06-18T04:07:29Z
Makanan Sehat Agar Cepat Hamil
Makanan Sehat Agar Cepat Hamil

Detikjam.com - Makanan Sehat Agar Cepat Hamil - Salah satu momen yang paling ditunggu dan diinginkan setiap wanita setelah menikah adalah memiliki kehamilan. Akan tetapi, tidak semua wanita dapat langsung memperoleh momen bahagia ini. Beberapa di antaranya, ada yang mengalami kesulitan untuk hamil karena beberapa faktor, salah satunya karena masalah kesuburan.

Makanan Agar Cepat Hamil Masalah kesuburan memang merupakan masalah utama yang paling sering dijumpai pada wanita yang mengalami kesulitan hamil. Beberapa ahli percaya, bahwa masalah ini sebetulnya bisa diatasi salah satunya dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang menunjang kesuburan. Makanan tertentu memang dianggap dapat mengatur keseimbangan hormonal tubuh, sehingga dapat meningkatkan kesuburan dan peluang untuk hamil. Ahli gizi dari The Health Site, Dr. Neka Sanwalka menyebutkan setidaknya ada 15 makanan utama yang bisa dikonsumsi ibu agar cepat hamil.

Makanan agar cepat hamil tersebut antara lain: 

1. Sayuran Hijau

Makanan sehat agar cepat hamil yang pertama adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, daun singkong, kangkung, dan sawi, diketahui mengandung tinggi asam folat dan zat besi. Dua nutrisi ini adalah nutrisi sempurna yang mampu menunjang rencana kehamilan Anda. Asam folat dalam sayuran hijau membantu pengembangan lapisan endometrium (lapisan rahim) menjadi kuat, sedangkan zat besi bermanfaat bagi stimulasi ovulasi.

2. Kubis 

Meski kebanyakan wanita tidak begitu menyukai kubis, ketika Anda ingin segera memiliki momongan, Anda mau tidak mau harus belajar mengkonsumsinya. Kubis diketahui mengandung senyawa diindole metana. Senyawa ini dipercaya memainkan peranan penting dalam proses metabolisme estrogen. Metabolisme estrogen yang baik dapat mencegah pembentukan fibroid dan endomerios. Perlu diketahui bahwa, mengkonsumsi kubis secara rutin dapat menimbulkan efek keputihan, akan tetapi jangan khawatir, efek ini tidak akan berbahaya bagi organ reproduksi Anda.

3. Brokoli 

Brokoli sudah lama dipercaya sebagai salah satu makanan agar cepat hamil yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama persiapan kehamilan. Sayur yang berasa getir ini memang mengandung senyawa-senyawa penting yang menunjang proses pembuahan, seperti asam folat, zat besi, dan nutrisi kehamilan alami lainnya. Vitamin C yang dibutuhkan ovarium dalam proses pematangan sel telur juga di miliki makanan satu ini.

 4. Kentang 

Setiap wanita yang berencana untuk hamil juga dianjurkan untuk memasukan kentang dalam daftar sayuran pilihan yang dikonsumsinya sehari-hari. Kentang segar adalah gudang vitamin B dan E, dua vitamin yang membantu meningkatkan intensitas pembelahan sel sehingga sangat baik untuk kesehatan ovum yang diproduksi.

5. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan, baik kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, kacang almond, maupun kacang mete, mengandung vitamin E tinggi, asam lemak Omega 3, dan asam folat. Oleh karenanya, bagi wanita yang ingin cepat hamil, mengkonsumsi salah satu kacang-kacangan tersebut secara rutin sangatlah dianjurkan. Nutrisi yang dikandung kacang-kacangan dapat meningkatkan kesuburan organ kehamilan sehingga meningkatkan peluang agar cepat hamil.

6. Kecambah 

Karena kecambah juga berasal dari kacang-kacangan, maka Anda juga bisa memperoleh nutrisi yang dikandung kacang-kacangan dengan mengkonsumsi kecambah. Selain lebih murah secara ekonomis, cara mengkonsumsi kecambah juga lebih variatif. Kecambah bisa dicampurkan ke dalam menu sayuran Anda atau dibuat jus segar.

 7. Minyak Zaitun

Mengkonsumsi minyak zaitun sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan tubuh Anda. Selain itu, kehadiran lemak tak jenuh tunggal dalam minyak ini juga dapat meningkatkan peluang Anda agar cepat hamil. Minyak zaitun dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan membantu kehamilan Anda bebas komplikasi.

8. Minyak Ikan

 Asam lemak Omega 3 adalah lemak sehat yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan normal. Selain itu, nutrisi ini juga dapat mencegah berbagai komplikasi kesehatan kesuburan pada wanita. Makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti minyak ikan, akan membantu regulasi hormon reproduksi wanita secara normal sehingga meningkatkan kesuburan reproduksinya. Oleh karena itu, makanan agar cepat hamil ini juga bisa dipertimbangkan sebagai suplemen kehamilan Anda.

9. Susu 

Semua jenis susu hewani adalah asupan makanan penting yang sebaiknya dikonsumsi agar cepat hamil. Susu mengandung lemak sehat dan kalsium yang sangat membantu dalam peningkatan kesuburan kehamilan Anda. Akan tetapi, sebaiknya pilihlah jenis susu non-skim. Susu non-skim memiliki kandungan lemak sehat yang rendah dan tidak efektif sebagai makanan yang baik agar cepat hamil.

10. Telur 

Tidak ada yang meragukan tingginya gizi yang dimiliki sebutir telur. Telur sangat kaya akan kandungan lengkap nutrisi kehamilan, seperti kolin, asam folat, omega 2, dan vitamin D. Sebagai makanan agar cepat hamil, Anda bisa mengolahnya menjadi beragam varian olahan. Akan tetapi, dalam hal ini telur rebus cenderung dianjurkan. Untuk jenis telur yang baik, Anda bisa memilih telur bebek liar dan telur puyuh. Sementara telur ayam ras dirasa tidak begitu optimal.

11. Ikan 

Ikan -terutama ikan laut, sangat baik dikonsumsi dalam perencanaan kehamilan. Ikan mengandung omega 3 tinggi dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan dalam menunjang kesuburan organ reproduksi. 

Di antara banyak jenis ikan laut, ikan salmon adalah pilihan terbaik. Perlu diingat, Anda juga harus menghindari makanan laut yang tinggi merkuri. Ikan yang sifatnya predator seperti marlin, tilefish, ikan todak, hiu, mackerel, dan tuna mata besar sebaiknya dihindari.

12. Pisang

 Seorang wanita dengan siklus menstruasi yang teratur umumnya memiliki risiko infertilitas dan komplikasi kehamilan yang lebih rendah. Oleh karena itu, wanita yang berencana untuk hamil disarankan untuk makan pisang. 

Pisang –terutama pisang ambon, mengandung tinggi vitamin B6 yang dapat membantu menunjang siklus menstruasi yang teratur dan meningkatkan kesuburan kehamilan.

13. Nanas 

Saat hamil, Anda memang dilarang mengkonsumsi nanas. Nanas adalah salah satu buah yang dilarang saat hamil karena kandungan bromelanin di dalamnya bisa memicu kontraksi dan keguguran. Akan tetapi, saat Anda belum hamil dan berencana untuk mendapatkan kehamilan, mengkonsumsi nanas sebagai makanan agar cepat hamil adalah salah satu pilihan yang tepat. Nanas sarat akan kandungan mangan, mineral yang memainkan peran kunci dalam produksi berbagai hormon reproduksi.

14. Jeruk 

Makanan agar cepat hamil yang terakhir adalah jeruk. Ya, buah ini merupakan bagian tak terpisahkan dari perencanaan diet hamil untuk setiap wanita. Tingginya kandungan vitamin C akan membantu pelepasan sel telur dari ovarium secara sempurna. 

Hidangkan buah ini sebagai buah pencuci mulut sehabis Anda selesai makan. Nah, itulah beberapa makanan agar cepat hamil yang bisa Anda masukan ke dalam daftar menu diet kehamilan Anda. 

Semoga dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat tersebut, kesuburan organ reproduksi Anda meningkat sehingga Anda segera dapat memperoleh momongan. Semoga bermanfaat! Doc Ibuhamil
×
Berita Terbaru Update
close