Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Cara Mudah Meningkatkan Performa Android Yang Lambat

Minggu, 17 Juli 2016 | 10:19 PM WIB Last Updated 2022-06-02T08:21:04Z

Cara Mudah Meningkatkan Performa Android Yang Lambat

detikjam.com  - Bagi pecinta android tentunya akan selalu menginginkan setiap ponsel android yang di gunakan selalu memiliki perfrma yang cukup mempuni tanpa terhalang adanya istilah ngelag ataupun lemot. 

Namun meskipun di rawat dengan baik setiap harinya, android akan memberikan kinerja yang terus menurun tanpa kita sadari.

Untuk itu ada baiknya setiap memiliki perangkat android entah itu tablet maupun smartphone sebaiknaya rutin-rutinlah untuk tetap memeriksa performa yang di suguhkan dari perangkat terserbut. 

Nah untuk itu pastinya ada cara menigkatkan perrfomra android yang bisa kita gunakan di setiap kita ingin membuat android kita selalu dalam keadaan performa dan mempuni.

Salah satunya adalah mereset ulang perangkat android kita. Namun trik yang satu ini mungkin akan banyak memakan waktu yang cukup lama karena selain meresetnya kita harus membackup terlebih dahulu data-data yang anda miliki di dalam android anda. 

Terlebih aplikasi yang sudah anda instal pasti akan hilang dan anda mbuatuhkan waktu lagi untuk menginstalnya.

Namun di balik kekurangan trik yang satu ini ada kelebihan yang bisa anda dapatkan yakni performa yang akan kembali seperti semula seperti sedia kala atau seperti ponsel baru yang beluma nda gunakan sama sekali. 

Namun seberarnya juga ada banyak tips dan trik yang bisa anda gunakan atau cara yang lebih simpel lagi dalam membuat performa ponsel atau tablet aandroid anda dapat pulih dari performa yang lemot.

Nah untuk itu di kesempatan yang baik ini kami dari tabdroid.com ingin memebrikan tips dan trik untuk cara meningkatkan performa android yang anda miliki yang sudah pasti kian melambat saat di gunakan, apalagi dengan spesifikasi yang cukup rendah yang ada pada smartphone yang anda miliki, jadi silahkan simaklah ulasan terbaru kami untuk Cara Meningkatkan Performa Android yang akan kami samapikan di bawah ini.

1. Reset atau Setel Ulang

Seperti kami bilang di atas mengenai cara meningkatkan performa android memeng cukup mempan dengan cara ini, namaun ini adalah salah satu trik yang bisa di bilang juga sebagai trik pamungkas seteah semua tips yang anda ketahui sudah di lakukan namun performa tetap saja lemot. Ya namun kembali lagi dengan menggunakan trik ini anda di haruskan untuk membackup terlebih dahulu data-data anda untuk kemungkinan yang tidak di inginkan.

Dan salah satu hal yang sering menjadikan ponsel anda semakin lemot adalah banyakany aplikasi yang terinstal di ponsel anda, karena yang mana android merupakan os yang membutuhkan banyak memory dalam setiap mengistal aplikasi ataupun game. Jadi ada baiknya perkirakan terlebih dahulu setiap akan meninstal aplikasi yang anda inginkan agar tidak membuat ponsel anda terasa lemot.

Dan untuk melakukan reset ulang ada beberapa cara yang bisa anda lakukan pertama masuk ke seting/pengaturan lalu ke backup dan reset terus pilih factory data reset setelah itu ikuti saja petunjuk yang ada di ponsel anda, maka otomatis akan mereset sendiri ponsel anda. Kedua gunakan CWM/TWRP untuk melakukannya dengan cara masuk CWM/TWRP lalu pilih wipe data/user data dan wipe chace lalu reboot.

2. Update Perangkat Lunak ( Software ) Android Anda

Untuk tips kedua adalah melakukan update atau menikan versi perangkat lunak dari android yang anda gunakan. Hal ini tentu saja akan membuat performa dari posnel anda secara otomatis akan meningkat karena jika melakukan update perangkan lunak adalah salah satu hal yang wajib jika anda ingin mningkatan performa dari posnel anda.

Dan untuk melakukan pembaruan atau update perangkat lunak caranya sangat mudah untuk bisa anda lakukan karena fitur ini sudah pasti ada di setiap perangkan ponsel android yang sduah di sediakan pabrikannya. Hanya dengan menuju seting/pengaturan > tentang perangkat/abaout phone > update software.

3. Hapus Aplikasi Tidak Berguna

Dan tips yang ketiga adalah membuang atau menghapus aplikasi yang tentunya tidak berguna untuk anda, karena banyak orang yang merasa dengan memiliki smartphone mereka dengan spesifikasi yang mempuni sehingga banyak di instali berbagai macam aplikasi yang mereka inginkan.

Namun tanpa di sadari semua itu akan membuat kapasitas RAM yang di miliki semakin berkurang dan berakibat melambatnya performa android anda. Dan untuk itu sebaiknya kurangilah aplikasi yang tidak berguna dan tidak bermanfaat untuk dapat mengurangi kapasitas memory baik RAM ataupun Internal Memory yang di gunakan dan yang sebetulnya hanya menghambat kinerja ponsel android anda.

4. Simpan Instalasi Aplikasi atau Game di SD Card

Hal yang satu ini mungkin akan di lakukan bagi kebanyakan pengguna android yang memiliki spesifiksi rendah dan juga memiliki kapsitas RAM dan internal memory yang cukup kecil. Dan bisa di bilang cara yang satu ini merupakan cara yang paling ampuh untuk membuat performa android anda kembali mempuni.

Simpan Instalasi Aplikasi atau Game di SD Card

Hal ini di karenakan jika aplikasi yang anda install disimpan pada kartu memori eksternal atau SD Card, secara otomatis kinerja sebuah RAM atau memori internal akan maksimal, sehingga pada RAM akan terdapat ruang lebih dan akan bekerja dengan ringan pastinya.

Nah mungkin itu dia beberpa tips yang dapat tabdroid.com bagikan di kesempatan kali ini agar membuat performa android yang anda miliki entah ponsel maupun tablet anda kembai ke dalam performa yang menjanjikan untuk bisa anda gukan dengan baik lagi.

Semoga dengan menyimak ulasan di atas anda bisa menyimpulkan bagaimana kinerja android yang anda miliki dengan banyak aplikasi yang tidak penting dan tidak berguna. Jadi terimakasih anda telah menyempatakan untuk menyimak ulasan terbaru kami mengenai Cara Meningkatkan Performa Android yang sudah mulai melambat.

×
Berita Terbaru Update
close