Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Panduan Lengkap Cara Setting Wifi di Laptop Windows 10

Rabu, 24 Maret 2021 | 1:34 PM WIB Last Updated 2022-06-02T03:46:47Z
Panduan Lengkap Cara Setting Wifi di Laptop Windows 10
Ilustrasi Windows






detikjam.com - Bagi Anda pengguna windows 10, cara setting wifi di laptop bisa dilakukan dari ikon wifi atau Start Menu. Langkah ini cukup mudah dan siapapun bisa melakukannya. 

Satu hal yang harus Anda pastikan sebelum mulai cara setting wifi di laptop adalah memastikan koneksi wifi sudah menyala dan sinyalnya cukup kuat untuk ditangkap perangkat lunak.

Oleh sebab itu, Anda bisa melakukansetting ini di tempat yang dekat dengan router wifi dengan sedikit pengguna. Langsung saja, simak cara setting-nya di bawah ini!

Cara settingwifi di laptop dengan tombol
Bagi Anda pengguna windows10, cara settingwifi yang pertama bisa dilakukan melalui tombol keyboard.Berikut langkahnya:
  • Pastikan laptop sudah menyala àcari tombol FN di keyboardàcari tombol bergambar antenna wifi àtekan dan tahan kedua tombol tersebut bersamaan.
  • Lihat pada bagian pojok kanan bawah laptop tempat ikon koneksi wifi berada. Setelah Anda menekan tombol FN dan tombol berlogo wifi, ikon wifi yang ada di pojok tersebut akan menyala berwarna putih.
  • Beberapa tipe laptop dengan windows 10 juga memiliki tombol yang bisa digunakan langsung untuk menyalakan wifi. Jika laptop Anda memiliki tombol ini, maka tinggal tekan tombol ini untuk menyalakannya.
Cara setting wifi di laptop dengan Start Menu

Bila tipe latop Anda adalah yang tidak memiliki tombol untuk menyalakan wifi secara langsung, maka bisa melakukan setting melalui Start Menu. Caranya bisa di simak seperti ini:
  • Klik kanan pada start menu bagian pojok kiri bawah
  • Cari “Network Connection” dan klik kiri
  • Kemudian akan muncul pilihan Ethernet dan wifi. Pilih bagian wifi dengan cara klik kanan dan pilih “Enable”
  • Jika warna ikon wifi sudah berubah, maka berarti koneksi laptop sudah berhasil
Cara setting wifi di laptop dari ikon

Cara paling mudah untuk settingwifi di windows 10 adalah melalui ikon yang ada di bagian pojok kanan bawah. Coba lihat laptop Anda pada tampilan awalnya. Fokuskan pada bagian pojok kanan bawah dan cari ikon wifi. 

Klik kiri pada ikon wifi dan pilih “On” untuk menyalakan. Pilih jaringan wifi tersedia yang Anda inginkan dengan pilih pilihan “Connect”. Dengan begitu, laptop Anda sudah otomatis tersambung dengan sambungan wifi.

Langkah yang harus dilakukan jika setting wifi tidak berhasil

Beberapa hal bisa menyebabkan koneksi laptop Anda ke wifi gagal. Misalnya saja jaringan yang buruk atau terjadi eror pada laptop. Untuk mengatasinya, ada dua hal yang bisa Anda lakukan; restart laptop atau restart router wifi.

Untuk me-restart routerwifi, Anda hanya perlu menekan tombol on/offpada router. Saat Anda mematikan router, tunggu beberapa saat untuk mengembalikan jaringannya. Kemudian, tekan kembali tombol power pada router untuk menyalakannya kembali. Jika masalah memang ada pada router maka wifi bisa kembali normal.

Anda juga bisa me-restartlaptop jika restart router tidak berhasil. Cukup restart laptop Anda dan tunggu hingga menyala kembali. Setelah menyala dengan sempurna, lihat ikon wifi di pojok kanan bawah, apakah sudah menyala atau belum. Anda bisa melakukan langkah cara setting wifi di laptop melalui ikon, seperti yang sudah disebutkan di atas untuk menghubungkan laptop ke wifi.

Tips agar Anda tidak mengalami masalah dalam cara setting wifi di laptop adalah dengan memilih provider terpercaya, Indosat Ooredoo. Indosat Ooredoo memiliki beberapa pilihan paket GIG yang bisa memudahkan Anda browsing, chatting, hingga bermain game online. Segera dapatkan paket GIG Indosat Ooredoo Anda dan nikmati kemudahan dalam menggunakan internet!

Artikel ini telah tayang di gig.id dengan judul "Panduan Lengkap Cara Setting Wifi di Laptop Windows 10!",
×
Berita Terbaru Update
close