Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Alasan Kenapa Wifi Terhubung tapi Tidak Bisa Akses Koneksi Internet

Kamis, 22 April 2021 | 10:59 AM WIB Last Updated 2022-05-18T14:34:17Z
Alasan Kenapa Wifi Terhubung tapi Tidak Bisa Akses Koneksi Internet

detikjam.com - Alasan Kenapa Wifi Terhubung tapi Tidak Bisa Akses Koneksi Internet Kamu pasti pernah mengalami kejadian dimana laptop terhubung ke jaringan wifi namun ketika hendak dipakai untuk browsing tidak bisa. Hal ini memang sering terjadi. Penyebabnya pun beragam, entah wifi yang dalam keadaan greyed out atau disabled, gagal routing ke gateway, hingga infeksi malware.

Jangan khawatir ketika menemui masalah seperti ini karena kali ini akan dibahas cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet. Baca terus ya!

Internet kini menjadi salah satu kebutuhan dalam hidup kita.Sehari saja tidak ada internet, pikiran kita pasti akan pusing dan stres.Maka dari itu, kini hampir di semua rumah dilengkapi jaringan Wi-Fi.

Dengan adanya akses internet di rumah, kita akan lebih mudah untuk bekerja, memesan makan, dan mencari hiburan.Sayangya, koneksi internet tidak selalu lancar.

Terkadang kita akan menemui masalah seperti koneksi tersambung namun WiFi tidak ada internet.

Lalu, kenapa WiFi tidak ada internet padahal koneksinya tersambung?

Jika mengalami masalah serupa, jangan panik dan khawatir ya!

Yuk, langsung kita simak uraian lengkap di bawah ini!

Ikutilah langkah berikut ini untuk mengubah mode Wi-Fi:
  1. Masuk browser.
  2. Ketikkanlah 192.162.0.1 di browser.
  3. Kemudian login dengan username dan password yang diatur sebelumnya.
  4. Bila belum mengatur username dan password, gunakanlah username dan password ‘Admin’.
  5. Kemudian, carilah menu ‘Wireless Settings’ dan ubah menjadi mode ’11bgn mixed’.
  6. Setelah itu, klik ‘Save’.
  7. Langkah terakhir, restart router seperti cara nomor satu untuk melihat hasilnya.
Nah Alasan Kenapa WiFi Tidak Ada Internet dan Cara Mengatasinya
  1. Restart router, modem, atau wireless router
    Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet yang paling banyak dan sering dilakukan adalah restart router. Matikan router dan modem kamu langsung dari saklar utamanya. Tunggu sekitar 30 detik untuk menyalakannya kembali. Setelah menyalakan kembali router, tunggu hingga lampu DSL stabil.

    Pilihan lainnya, kamu bisa melakukan router reboot melalui browser. Ketikkan 192.168.0.1/192.168.1.1 pada tab browser-mu dan tekan enter. Masukkan username “Admin” dan password “Admin” pada halaman login jika belum memiliki sendiri. Pilih System Tools à Reboot option menggunakan menu sebelah kiri dan klik Reboot. Tunggu beberapa saat hingga proses reboot selesai.

  2. Mengubah mode wifi
    Jika restart dan reboot router tidak membuat jaringan internet kamu bertambah lancar dan stabil, cobalah untuk mengubah modenya. Caranya, ketikkan 192.162.0.1 ke browser web lalu login dengan password dan username yang telah diatur. Bila belum memiliki, gunakan “Admin” pada keduanya.

    Cari menu Wireless à Wireless Settings à ubah mode menjadi 11bgn mixed à klik Save. Setelah mengubah setelan mode wifi, restart kembali router untuk melihat hasilnya.

  3. Memperbarui driver adaptor wifi
    Bisa jadi masalah laptop yang tidak bisa digunakan untuk browsing meski sudah terhubung dengan internet disebabkan oleh driver wifi yang out-dated. Masalah ini biasanya ditandai dengan laptop/PC yang error, namun internet tetap berjalan dengan baik di perangkat lainnya.

    Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet pada khusus pada PC adalah dengan klik kanan pada My Computer à Properties Option à adapter jaringan à klik kanan driver adaptor wifi dan pilih Update Driver Software.

  4. Ganti DNS dengan Google Public DNS
    Masalah wifi yang terhubung tapi tidak bisa akses internet pada PC bisa diatasi dengan mengganti DMS dengan DNS Google Public. Caranya, buka jaringan dan pusat berbagi, cari Panel Control dan pilih Jaringan dan Internet. Kemudian, cari pusat jaringan dan pusat berbagi.

    Klik nama wifi yang terhubung untuk membuka jendela informasinya. Pilih Properties untuk memilih TCP/IPV4 dan lanjutkan dengan klik Properties. Pilih “gunakan alamat DNS berikut” pada jendela properti IPV4 dan ketik alamat Google. Akhiri dengan pilih OK di jendela yang terbuka. Lakukan proses yang sama untuk IPV6. Hidupkan kembali modem kamu dan periksa jaringan internetnya.

  5. Nyalakan mode pesawat
    Wifi yang tersambung namun tidak bisa mengakses internet juga bisa diatasi dengan menyalakan mode pesawat lalu mematikannya beberapa saat kemudian. Hal ini bisa dicoba pada PC maupun smartphone. Pada smartphone, hal ini efektif untuk mengembalikan akses internet, entah dari wifi maupun hotspot pribadi.
Kamu juga bisa melakukan cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet pada PC atau smartphone dengan restart kedua perangkat tersebut. Semoga hal ini bisa membantumu, ya!
×
Berita Terbaru Update
close