Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format

Jumat, 18 Juni 2021 | 2:10 PM WIB Last Updated 2022-05-11T04:09:40Z
Detikjam.com -  Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format Jika kamu sering menggunakan flashdisk untuk memindahkan data, pasti kamu pernah dong mengalami masalah seperti flashdisk yang tidak terbaca?

Bukan hanya itu aja, pasti kamu juga pernah mengalami flashdisk yang tidak mau diformat juga kan? Duh! Pasti sangat menyebalkan ya. Apalagi kalau data yang ada di dalam flashdisk sangat penting.


Pasti kamu tidak ingin memformatnya kan? Jika ya, pas banget nih! Karena kali ini kita akan membahas solusinya untuk memperbaiki flashdisk yang minta format.

Penasaran? Yuk simak artikel di bawah ini sampai habis.

Penyebab Flashdisk Selalu Minta Format

Sebelum kita kasih tau cara untuk memperbaikinya. Kamu harus tau dulu nih, apa aja sih penyebab dari flashdisk yang selalu minta format.

1. Flashdisk Terkena Virus

Flashdisk Terdapat Virus

Flashdisk sangat rentan terkena virus. Pasalnya flashdisk sebagai alat untuk mentransfer data yang dimana virus-virus akan bersarang di dalamnya.

Nah, dengan adanya virus di dalam flashdisk. Flashdisk akan mengalami masalah seperti flashdisk tidak terbaca maupun flashdisk akan selalu minta di format.

2. Flashdisk Mengalami Bad Sector

Flashdisk Bad Sector

Tidak hanya hard disk yang terkena bad sector. Ternyata flashdisk juga bisa terkena bad sector, jika kamu suka mencabut flashdisk dengan paksa alias tanpa di-eject terlebih dahulu.

Maka dari itu, jangan sering mencabut flashdisk dengan paksa. Kamu harus me-reject terlebih dahulu ya.

3. File Sistem Tidak Dikenal

File Sistem Tidak Dikenal

Flashdisk yang meminta untuk diformat biasanya dikarenakan sistem di PC/laptop tidak mengenalinya. Apalagi flashdisk ini berhubungan langsung dengan sistem operasi.

Salah satunya format yang berhubungan dengan flashdisk adalag NTFS (New Technology File System), FAT32 (File Allocation Table 32), dan exFAT (FAT 32). Makanya gak heran kalau flashdisk yang habis digunakan di operasi Linux akan meminta diformat.

Karena flashdisk telah diformat ke ext2 atau xt3 yang hanya kompatibel di operasi Linux. Sedangkan di sistem operasi Windows tidak dikenali.

4. Proses Pengolahan File Terjadi Gangguan


Proses Pengolahan File Terjadi Gangguan

Ketika kita sedang mengelolah file seperti memindahkan, menyalin, menyimpan atau menghapus lalu mengalami gangguan maka dapat memicu hilangnya data atau file yang ada di flashdisk.

Hal tersebut bisa dikatakan kalau flashdisk mengalami corrupt. Makanya untuk mengatasi flashdisk yang corrupt, sistem akan meminta kamu untuk memformat.

5. Terjadi Kerusakan Hardware pada Flashdisk


Terjadi Kerusakan Hardware pada Flashdisk

Flashdisk yang selalu minta format bisa jadi dikarenakan kerusakan hardware. Jika penyebabnya dikarenakan kerusakan hardware, maka kamu akan kesulitan untuk memperbaikinya karena fisik dari komponen flashdisk-nya yang rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format

Setelah mengetahui apa saja penyebab flashdisk minta format. Pasti kamu mau tau dong cara untuk memperbaikinya? Nah, untuk memperbaiki flashdsik yang minta format, langsung aja kamu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Coba Sambungkan Flashdisk ke Port Lain

Coba Sambungkan Flashdisk ke Port Lain

Driver merupakan salah satu perangkat lunak yang fungsinya untuk mengenali dan menjalankan aplikasi yang ada di dalam sistem. Nah, kemampuan mendeteksi driver pada PC/Laptop dari perangkat USB berbeda-beda.

Jika sewaktu-waktu flashdisk yang kamu gunakan meminta format, ada kemungkinan besar kesalahannya terdapat pada instalasi driver USB. Biasanya hal tersebut disebabkan kerena port USB mendeteksi flashdisk sebagai RAW.

Oleh sebab itu, gak ada salahnya kamu mencoba flashdisk tersebut di port USB yang lain atau bisa juga menggunakan port USB dari laptop/PC yang berbeda.

2. Restart PC atau Laptop


Restart PC atau Laptop

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba untuk restart PC atau laptop terlebih dahulu. Terkadang error bisa saja terjadi di dalam sistem sehingga menyulitkan sistem untuk mengenali dan membaca perangkat yang masuk seperti flashdisk.

Apalagi kalau PC atau laptop yang kamu gunakan sudah digunakan berjam-jam, sehingga banyak file-file sementara atau file sampah yang menumpuk dan menyebabkan kinerja sistem terhambat.

Cara ini mungkin akan sedikit ampuh, karena sistem akan terasa fresh dan file yang menumpuk otomatis akan hilang. Makanya gak heran kalau salah satu cara mengatasi folder tidak bisa dibuka juga dengan melakukan restart PC atau laptop terlebih dahulu.

3. Memperbaiki Flashdisk Melalui RUN

Jika sudah mencoba cara di atas tetap tidak bisa, kamu bisa mencobanya melalui ‘compmgmt.msc‘. Untuk langkah-langkahnya langsung simak berikut ini!

Masukan flashdisk kamu ke PC.


Masukan Flashdisk

Kemudian, buka “RUN



Buka Run


Lalu, isi dengan format “compmgmt.msc” lalu Enter.

Masukan Format

Selanjutnya, klik “Disk Management“.



Disk Management

Silahkan pilih flashdisk kamu > Lalu klik kanan.


Pilih Flashdiks

Jika sudah, maka klik “Format“.




Klik Format

Agar tidak terjadi seperti itu lagi, kamu harus membersihkan flashdisk dari virus dengan menggunakan software antivirus terbaik yang bisa membersihkan semua virus.

Termasuk di flashdisk maupun di PC. Sehingga semua virus yang bersarang akan terhapus dan flashdisk kamu akan aman-aman saja.

Gimana gaes, cukup mudah bukan untuk mengatasi flashdisk minta format? Jika kamu memiliki kritik dan saran, kamu bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar…
×
Berita Terbaru Update
close