Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Prosesor Intel Core Generasi ke-12 Hadir di Indonesia, Kian Memudahkan Untuk Pekerja Digital

Kamis, 02 Juni 2022 | 9:02 AM WIB Last Updated 2022-06-22T02:10:56Z

Prosesor Intel Core Generasi ke-12 Hadir di Indonesia, Kian Memudahkan  Untuk Pekerja Digital
Source: https://gadgetren.com/

Detikjam.com - Intel akhirnya secara resmi meluncurkan prosesor Intel Core generasi ke-12 Alder Lake dan juga turut memperkenalkan Intel Evo di Indonesia. Prosesor ini terdiri dari empat seri berbeda yaitu U-Series, P-Series, H-Series, dan HX-Series yang berbasis teknologi proses Intel 7 serta menggunakan Performance Hybrid Architecture.

Moushumi Mazumdar selaku Asia Pacific & Japan Consumer Director Segment Intel mengungkapkan bahwa Performance Hybrid Architecture dari prosesor Intel Core generasi ke-12 mengombinasikan dua jenis core (inti) yang terdiri dari Performance Cores (P-Cores) dan Efficient Cores (E-Cores) yang menghasilkan performa tinggi, namun efisiensi daya sehingga dapat membuat kinerja multi-thread meningkat.

Ditujukan untuk laptop dengan desain tipis dan hemat daya, Intel Core U-Series mempunyai tingkat konsumsi daya dasar yang rendah dari 9 hingga 15W. Hal ini menjadikan laptop yang menggunakan prosesor ini tetap memiliki kinerja yang optimal walaupun dalam ukuran yang tipis.

Serupa dengan versi desktop, prosesor mobile hadir dengan arsitektur hybrid kombinasi P-cores dan E-cores. P-cores mengacu pada performance, dan E-cores menenkankan pada efisiensi penggunaan.

Apabila di prosesor Intel Generasi ke-11 hadir dengan spesifikasi 4-core/8-threads di varian tertinggi, kini di Intel Generasi ke-12 prosesor mobile ini menyajikan 14-core/20-threads. Di integrated GPU sudah menggunakan Intel Iris Xe.

Fitur lain yang tidak ketinggalan ada dukungan DDR5 atau LPDDR5 serta Thunderbolt 4 untuk transfer data dan menyajikan performa semakin kencang. Laptop dengan prosesor ini juga dipastikan mendukung Intel WiFi 6E.

Pada generasi ke-12 ini juga pertama kalinya ada varian HX. Ia dirancang khusus buat platform workstation, untuk beberapa pekerja di industri spesifik seperti engineer, scientis, tentunya dan enthusias. Beberapa karakteristik yang ditawarkan adalah kecepatan single core mencapai 5GHz. Seri Intel Core i9-12900HX memiliki arsitektur 16 core, dukungan DDR4 3200 dan ddr4800. Tak lupa dengan dukungan PCIe Gen 5.

“Performa secara keseluruhan meningkat 17 persen buat single thread dibandingkan Core i9-12900HK, dan 64 persen buat multi thread diadu dengan prosesor yang sama,” ungkap Moushumi Mazumdar, Asia Pacific & Japan Consumer Segment Director.

Selain itu, Intel juga mengumumkan P series, rumpun prosesor terbaru yang diproyeksikan menjadi “masa depan” laptop tipis dan ringan. Intel Core P Series mengedepankan efisiensi dari P-Cores dan E-Cores tetapi tetap menghadirkan performa terbaik dalam menjalankan berbagai aktivitas. P Series juga mengunggulkan dimensi laptop tipis dan ringan yang masuk dalam standar Intel Evo.

Intel juga memamerkan jajaran laptop yang sudah mengadopsi prosesor ini. Menggandeng sejumlah produsen PC ternama, beberapa seri yang sudah menggunakan Intel Generasi ke-12 ini tak hanya untuk segmen consumer, tetapi juga segmen gaming.
×
Berita Terbaru Update
close