Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Sejarah Dan Tema Hari Kucing Sedunia, Makna dan Cara Merayakannya

Selasa, 09 Agustus 2022 | 10:05 AM WIB Last Updated 2022-08-09T03:05:35Z
Sejarah Dan Tema Hari Kucing Sedunia, Makna dan Cara Merayakannya
Sejarah Hari Kucing Sedunia 2022

Jakarta, Detikjam.com -- Hari Kucing Sedunia atau World Cat Day dirayakan tiap 8 Agustus. Dirayakan sejak 2002, Hari Kucing Sedunia awalnya jadi seruan untuk melindungi kucing dari kekerasan.

Sejarah Hari Kucing Internasional atau Hari Kucing Sedunia merupakan inisiatif International Fund for Animal Welfare (IFAW) untuk menghormati dan mengapresiasi kucing pada 2002. Seperti dilansir dari Firstpost, saat itu perayaan menekankan pada metode perlindungan kucing dari kekerasan.

Kemudian pada 2020, pemegang aset atau lisensi Hari Kucing Sedunia diteruskan ke International Cat Care. Organisasi ini adalah kelompok nirlaba Inggris yang telah bekerja untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kucing domestik di seluruh dunia sejak 1958.

Kucing jadi salah satu hewan peliharaan favorit. Rupanya terlepas dari sejarah Hari Kucing Sedunia, sebenarnya kucing membawa simbol kultural dan historis.

Melansir dari News18, kucing sudah dipuja sejak zaman Mesir kuno, khususnya kucing hitam. Saat itu, orang Mesir kuno memuja Dewi Bastet yang berwujud singa lalu berubah jadi kucing.

Kucing di masa modern pun 'dipuja' lewat kehadiran mereka sebagai tokoh-tokoh ikonik serial maupun film. Tengok saja si kucing oren Garfield atau Felix the Cat.

Hari Kucing Sedunia menjadi penting buat semua pencinta kucing. Tema Hari Kucing Sedunia 2022 adalah 'Cat friendly resources' atau sumber daya ramah kucing.

Tidak semua kucing hidup dalam kondisi sejahtera bersama pemilik yang menyayanginya. Anda pun bisa berkontribusi buat kucing-kucing kurang beruntung di luar sana. Bagaimana caranya?

1. Adopsi

Jika ingin memelihara kucing, pertimbangkan untuk mengadopsi dari shelter terdekat. Daripada membeli kucing, ada kucing-kucing yang memerlukan rumah dan perhatian.

2. Sukarelawan

Tidak bisa mengadopsi kucing? Anda tetap bisa memberikan cinta dan perhatian pada kucing dengan menjadi sukarelawan di shelter hewan. Anda berkesempatan merawat, memberikan perhatian sesuai kemampuan.

3. Berikan makanan favorit

Tiap kucing punya camilan atau makanan favorit. Untuk membuat hari ini makin spesial buat kucing-kucing di rumah, berikan mereka makanan favorit.

Selamat hari kucing sedunia, jangan lupa manjakan kucing-kucing kesayangan Anda, dan baca fokus soal kucing-kucing gemas di sini.

(els/chs)

Artikel ini telah tayanag di CNN Indonesia "Sejarah dan Tema Hari Kucing Sedunia 2022, Semakin Sayang Si Anak Bulu"
×
Berita Terbaru Update
close