Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Di Era Teknologi Digital Musik Indonesia

Jumat, 01 April 2016 | 12:02 AM WIB Last Updated 2022-05-25T02:50:17Z


detikjam.com - Memasuki era recording digital, musisi dan pecinta musik telah banyak yang merekam karya mereka ke dalam format digital baru. 

Banyak artis yang secara mandiri dan pribadi membuat hasil rekaman, mempromosikannya lewat media internet seperti Youtube, 

membuat konser dan menjual merchandise sendiri pada setiap konser mereka sehingga langsung dapat menyentuh masyarakat dalam kegiatan promosinya.

Perkembangan musik dan rekaman digital saat ini tidak dapat dipisahkan dari internet.

Internet telah mengubah banyak sendi kehidupan manusia dalam segala hal. Teknologi yang semakin maju membuat segalanya menjadi lebih mudah. lagu yang diinginkan dapat di-download dan dinikmati dengan gratis. 

Berbeda sekali dengan jaman sebelumnya dimana masyarakat harus merogoh kantong sendiri untuk membeli kaset pita, CD dan MP3.



Teknologi digital telah memberi warna tersendiri bagi dunia musik, termasuk di Indonesia. Internet dan teknologi digital memberikan dampak positif bagi dunia musik. Keuntungan pertama adalah akses yang jauh lebih luas pada referensi musik. Pada era 1990-an ke bawah, akses pada referensi musik sangat terbatas.

Orang hanya mendapatkan musik dari televisi, radio, toko musik. Sedangkan pada era 2000-an, orang bisa mengakses apapun yang mereka inginkan melalui internet. Teknologi digital juga membuat lebih mudah merekam musik, membuat proses rekaman (recording)

menjadi lebih sederhana dan murah, bahkan masyarakat dan para musisi kini sudah bisa memperjual belikan album / single original secara online, ketika penjualan lagu secara fisik (CD) tidak lagi dapat diandalkan karena masalah pembajakan yang semakin banyak.

Berikut adalah beberapa jenis media music digital yang sering dipergunakan masyarakat dalam memperoleh referensi music.
  1. RBT (Ring Back Tone)

    Ring Back Tone, adalah fasilitas music digital yang disediakan oleh perusahaan operator seluler dimana musik/lagu tersebut tidak tersimpan dalam memory ponsel tapi tetap berada pada server operator dan secara otomatis akan bisa digunakan ketika mobile phone user telah melakukan aktifasi untuk lagu yang dipilihnya melalui Short message service (SMS).

    Pada saat pengguna mengaktifkan layanan, maka akan terdengar lagu sebagai pengganti nada sambung saat memakai telepon. RBT diminati karena menjadi sarana ungkapan pribadi seseorang.

    Misalnya ketika sedang sedih, senang, atau hanya ingin sekedar mengikuti trend yang sedang mewabah hingga saat ini. Dan sampai saat ini seluruh perusahaan operator seluler bekerja sama dengan para musisi dan label rekaman untuk bersama sama memfasilitasi ring back tone kepada masyarakat.

    Fasilitas ini memiliki kelebihan sebagai salah satu upaya mengurangi pembajakan tentunya dengan pembagian hasil royalty yang fair kepada para musisi.Kelemahan RBT adalah kualitas audio yang minim dan hanya bisa didengarkan secara sepihak oleh orang yang menelpon, bukan yang menerima telepon.

  2.  Live Streaming

    Live streaming merupakan fasilitas menikmati music digital dengan mencari (browse) dan menontonnya secara langsung melalui internet. Seperti youtube yang merupakan aplikasi gabungan dari google, dapat diakses menggunakan personal computer maupun smartphone, memberikan keuntungan besar bagi para pembuat dan penikmat music karena selain bisa mencari dan menonton video music,

    mereka juga bisa membuat saluran (channel) tersendiri untuk menyebarkan karya music yang telah dibuat. Selain youtube ada pula aplikasi live streaming gratis seperti Guvera Indonesia.

  3. I-Tunes

    I-Tunes merupakan fitur eksklusif yang dipelopori Apple.Inc California Amerika serikat dalam membeli lagu / album original secara berbayar menggunakan kartu kredit dan mengunduhnya secara gratis. Fitur itunes ini menjadi eksklusif karena perangkat yang dijual perusahaan apple baik iphone maupun ipad, dijual dengan harga relative mahal sehingga hanya beberapa kalangan yang bisa menikmati fitur ini.

    Untuk mendownload biasanya pengguna apple devices diharuskan sign in dengan email dan password sebagai Apple Id yang telah dibuat sesaat setelah memiliki perangkat Apple, jadi fitur ini tergolong aman untuk proses download lagu selagi pengguna tidak menyebarkan Apple id mereka.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi pun akan semakin berkembang dari analog hingga ke digital. Perkembangan ini membawa dampak negatif serta positif masing-masing. Mari kita bersama sama menyikapinya secara lebih bijak agar perkembangan teknologi ini semakin berguna dikemudian hari.

*Teks Dan Gambar Disari dari berbagai sumber*
×
Berita Terbaru Update
close