Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Waktu Yang Tepat Untuk Mengajarkan Anak Pergi Ke Sekolah Sendiri

Senin, 23 Mei 2016 | 11:05 AM WIB Last Updated 2021-04-04T03:35:44Z
Terkadang anak - anak sering kali menangis, menarik - narik pakaian ibunya agar mereka tidak meninggalkan ketika berada di dalam kelas sekolah, dalam memasuki taman kanak - kanak - hal ini mungkin bisa anda memakluminya dikarenakan oleh sebagian orang tua ketika anaknnya yang belum memasuki  bisa menerima orang tuanya untuk jauh dari mereka, akan tetapi untuk memasuki sekolah dasar sebaiknya ora tua sudah tidak menemani lagi dan harus biasakan anak untuk berani kesekolah sendiri, tentu saja harus ada beberapa pertimbangan.

Waktu Yang Tepat Untuk Mengajarkan Anak Pergi Ke Sekolah Sendiri

  • Apabila anak anda prasekolah harus sudah lancar berbicara sebelum anda memutuskan untuk pergi kesekolah sendiri, mereka juga harus mempunyai kemampuan dalam berkomonikasi dengan oran seperti ,komonikatif sangat penting yang harus dipersiapkan begitu juga dalam berbahas yang sudah mulai harus dimengerti oleh orang lain.
  • Persiapkan mental anak anda untuk siap lepas dari oratuannya sehingga menunjukan anak dari sisi kemandiriannya contohnya cara makan sendiri dan dalam memakai baju sendiri serta lainnya
  • Terakhir pertimbangkan pula jarak antara rumah dan sekolah, apabila bisa ditempuh dengan jalan sendiri anda dapat cepat mempersiapkannya akan tetapi bila terlalu jauh sebaiknya anda pertimbangkan untuk memberikan pengawasan. 


Untuk menciptakan kenyamanan antara orang tua dan anak ketika memberikan pengawasan untuk mengajarkan anak pergi ke sekolah maka anda dapat melakukan beberapa langkah langkah seperti di bawah ini.

Beberapa hal dalam  mengajarkan anak anda untuk berani bersekolah sendiri :

  1. Di Hari Libur Anda Kerja dapat Mendampinginya.
    Beberapa orang tua masih seringkali mendampingi anaknya setiap hari di sekolah akan tetapi sebaiknya anda melakukan sesekali saja misalnya di hari sabtu anda tidak bekerja untuk mengantar atau menjemputnya sehingga tidak memiliki perasaan yang diabaikan dari anak anda.

  2. Menjalin komunikasi yang baik dengan pihak sekolah.
    Tidak ada salahnya untuk mengetahui keberadaan anak anda misalnya dengan menelepon pihak sekolah di jam sekolah atau pulang sekolah sehingga memastikan keberadaan anak anda tepat waktu sampai di sekolah atau di rumah.

  3. Mengenali aturan Jalan.
    Apabila anak anda pergi jalan kaki dengan teman sebaya di sekitar rumah anda dapat didampingi oleh salah satu pengasuh. Pemahaman jalan sangat penting untuk mengetahui kemampuan anak anda ketika berjalan di trotoar. Anda dapat mendampingi anak anda di belakangnya kemudian perhatikan pemahamannya mengenai lalu lintas setelah anda mengetahuinya anda dapat menyiapkan pengawasan selanjutnya meski anda tidak mendampingi anak ke sekolah

  4. Pastikan Kenyamanan pada anak anda.
    Apabila anak anda telah dipersiapkan dengan jasa kendaraan untuk mengantar dan menjemputnya maka pastikan kenali reputasi pengemudi tersebut.Anda dapat meminta anak anda untuk duduk di kursi mobil dengan baik , peringati agar tidak bercanda berlebih dengan teman temannya apalagi sampai melongokan kepala ke luar jendela. Anda dapat membuat aturan aturan yang aman dan lancar.

  5. Persiapkan Kemampuan anak anda untuk mengenal identitas sendiri
    Pada usia balita anda dapat mengajarkan anak anda untuk mengenal identitasnya. Salah satu yang wajib adalah nama, nama panggilan, nama orang tua dan alamat lengkap. Untuk mempersiapkan pergi ke sekolah sendiri anda dapat menyelipkan sejenis kartu nama di saku anak anda.

Nah jadi itulah cara bagaimana Waktu Yang Tepat Untuk Mengajarkan Anak Pergi Ke Sekolah Sendiri. Terima Kasih doc Bidan
×
Berita Terbaru Update
close