Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Agar Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

Senin, 06 Juni 2016 | 9:29 AM WIB Last Updated 2021-04-04T03:35:43Z
Agar Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan - Di Bulan Ramadhan, seluruh umat muslim dewasa diwajibkan untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh, hingga datangnya Hari Kemenangan. Dan, agar puasa Anda menjadi lebih khidmat dan lancar, Anda harus mengetahui berbagai tips dan cara sehat menjalankan puasa.


Datangnya bulan suci 1 Ramadhan 1437 Hijriah menjadi tanda dimulainya ibadah puasa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Dalam rangka menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh, makanan sehat tentunya memegang faktor penting untuk menjaga stamina tubuh saat menahan lapar dan haus.
Agar mampu menahan lapar dalam waktu yang cukup panjang dalam rangka menunaikan ibadah puasa, makanan yang lambat dicerna, termasuk makanan berserat, merupakan pilihan yang tepat dibandingkan makanan yang mudah dicerna. Makanan yang lambat dicerna kurang lebih dapat bertahan hingga 8 jam, sementara makanan yang mudah dicerna hanya dapat bertahan 3-4

Makanan yang lambat dicerna antara lain terdapat dalam makanan yang mengandung biji-bijian dan biji seperti barley (jelai), gandum, milet, semolina,kacang-kacangan, lentil, tepung gandum, atau yang disebut kompleks karbohidrat.

Sementara makanan yang mudah terbakar adalah makanan yang mengandung gula, tepung putih, dan lainnya yang disebut karbohidrat olahan.

Makanan berserat dapat ditemukan di makanan yang mengandung bran, gandum, biji-bijian, sayuran seperti kacang hijau, kacang polong, bayam, rempah, buah-buahan dengan kulit, serta berbagai buah kering seperti aprikot kering, buah ara, plum, dan almond.

Pengaturan menu hidangan untuk sahur dan buka puasa sebaiknya memperhatikan keseimbangan empat sehat lima sempurna. Selain itu, sebaiknya hindari makan gorengan karena kurang sehat dan dapat menyebabkan sembelit, rasa panas di dada, dan kelebihan berat badan.

Makanan yang harus dihindari

Gorengan, makanan berlemak, dan makanan yang mengandung banyak gula sebaiknya dihindari saat menunaikan ibadah puasa.

Saat sahur disarankan untuk makan secukupnya dan hindari minum teh. Teh membuat lebih sering buang air kecil yang keluar bersama mineral garam berharga yang dibutuhkan tubuh selama puasa.

Makanan yang disarankan

Makanan mengandung karbohidrat kompleks seperti yang telah dijelaskan sebelumnya sangat cocok untuk menu sahur. Dengan demikian, makanan dapat bertahan lebih lama dan encegah munculnya rasa lapar.

Kurma adalah sumber terbaik untuk gula, serat, karbohidrat, potasium dan magnesium. Almond kaya akan protein dan serat dengan sedikit lemak. Pisang juga merupakan sumber yang baik untuk potasium, magnesium, dan karbohidrat.

Minuman

Minum air putih atau jus buah sangat baik dilakukan antara waktu buka puasa dan tidur malam. Dengan demikian, saat itu tubuh dapat menyesuaikan tingkat cairan.

Minum air yang cukup. Sebelum waktu imsak tiba, minumlah air yang cukup, tiga hingga lima gelas. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

Nah itulah Cara Agar Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan dalam berbuka pusas maupun Menjelang sahur nanti .semoga bermanfaat 


×
Berita Terbaru Update
close