Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Cara Menjaga Kualitas ASI Ibu Selama Berpuasa

Selasa, 21 Juni 2016 | 11:42 AM WIB Last Updated 2021-04-04T03:34:54Z

Cara Menjaga Kualitas  ASI Ibu Selama Berpuasa – Menyusui merupakan momen yang penting bagi setiap bunda. Proses alamiah menyusui tak bisa ditinggalkan, mengingat bayi sangat tergantung pada nutrisi yang dihasilkan dari air susu ibu. Bolehkah bunda menyusui selama berpuasa? Boleh ketika bayi terbukti tak tergantung dengan ASI, atau sudah melewati usia ASI eksklusif.
Cara Menjaga Kualitas  ASI Ibu Selama Berpuasa
Jadi, waktu yang cocok untuk memutuskan puasa adalah di usia bayi telah memasuki di atas 6 bulan, maka ketergantungan ASI telah mulai berkurang dengan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI).

Lancarnya ASI saat berpuasa tak bakal terganggu mengingat selagi berpuasa asupan nutrisi bakal tetap terjaga hanya saja waktu konsumsi makan ibu yang berubah, yaitu ketika sahur serta berbuka. Selagi ibu berpuasa, jadi cairan tubuh dengan cara tak langsung mendapat pengaturan dari otak jadi kekurangan cairan tak begitu mengakibatkan ibu dehidrasi.

Pengeluaran air seni serta keringat bakal dikurangi meskipun cairan tubuh berkurang sebanyak 2 hingga 3 persen. Komposisi ASI tak bakal berubah selagi ibu berpuasa, sebab tersedia zat cadangan di dalam tubuh dalam bentuk energi, protein, lemak, vitamin serta mineral.
Tips Melancarkan ASI Ibu Selama Puasa Ramadhan

Apabila ibu menyusui mengalami gangguan pada kelancaran ASI bisa dikarenakan oleh dua hal, yaitu hal fisik serta juga psikologis. Memasuki bulan Ramadhan serta berniat untuk berpuasa ketika sedang menyusui, jadi jaga kelancaran ASI dengan langkah cara melancarkan ASI ibu selama puasa di bulan suci ini berikut ini:

1.  Penuhi Kebutuhan Gizi

Secara psikis apabila asupan gizi tak terpenuhi selagi bulan puasa jadi bakal mempengaruhi kelancaran ASI sebab lebih cepatnya zat cadangan digunakan. Penurunan berat badan dengan drastis bakal mungkin terjadi apabila asupan makanan ketika sahur serta buka tak tercukupi. Untuk bunda menyusui kebutuhan bakal dua kali lipat mengingat nutrisi yang diperlukan oleh bayi melewati sari makanan dari ASI sesuai dengan asupan makanan ibu.

2.  Jaga Rutin Kesehatan

Kekurangan ASI bisa diakibatkan oleh kesehatan ibu yang terganggu. Oleh sebab itu, jaga rutin kesehatan ibu selagi bulan puasa. Hal hormonal juga memegang pengaruh dalam kelancaran ASI. Ada baiknya ibu memperhatikan kesehatan, baik dengan cara asupan makanan yang dikonsumsi di waktu sahur serta berbuka. Jadi tak megakibatkan daya tahan tubuh melemah.

3.  Hindari Banyak Pikiran

Faktor psikologis yang mengakibatnya terganggunya kelancaran ASI tergolong banyaknya beban pikiran yang ibu alami. Oleh sebab itu hindari tertekan oleh hal pekerjaan alias aktivitas. Jadi, ibu tetap bisa berpikir positif dalam melakukan kegiatan. Gunakan waktu istirahat sebaik mungkin di siang hari meskipun hanya berapa jam saja. Tidur malam sangat baik untuk ibu. Buatlah waktu istirahat ibu yang berkualitas.

4.  Jangan Memaksakan

Apabila ibu nyatanya tetap bermasalah dengan kelancaran ASI, jadi jangan paksakan untuk berpuasa. Semacam yang telah menjadi keringanan dalam agama Islam, bahwa wanita yang sedang hamil serta menyusui mempunyai dispensasi untuk tak berpuasa. Oleh sebab itu, ibu sebaiknya mempertimbangkan keputusan berpuasa.

Perbuat konsultasi dengan dokter, jadi tak mengganggu kelancaran ASI bunda beserta kesehatan bayi. Proses alamiah menyusui adalah kewajiban yang sama halnya dengan ibu memberikan kehidupan paling baik untuk bayi. Apalagi apabila bayi ibu masih berumur di bawah 6 bulan, sangat ketergantungan dengan ASI.

Demikian sedikit tips atau Cara Menjaga Kualitas  ASI Ibu Selama Berpuasa Ramadhan, semoga bermanfaat dan puasa tetap berkah bersama sang bayi, aamiin…Sumber: Bidanku

×
Berita Terbaru Update
close