Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Konsep Modifikasi Mobil di Indonesia JDM

Kamis, 28 Juli 2016 | 9:42 AM WIB Last Updated 2022-06-02T06:50:41Z
Konsep  Modifikasi Mobil di Indonesia JDM

detikjam.com- Konsep  Modifikasi Mobil di Indonesia JDM  - Tahun 2016 sekarang ini, dunia modifikasi tanah air memang tengah diramaikan oleh berberapa konsep modifikasi baru. Sebut saja salah satunya yakni konsep modifikasi JDM atau Japanese Domestic Market. 

Di kalangan anak-anak muda tanah air, konsep modifikasi mobil ini tentu sudah bukan lagi merupakan hal yang asing bagi mereka.

Cikhas dari konsep modifikasi JDM ini adalah nuansa racing yang kental namun cenderung berkesan simple dan rapi. 

Sesuai dengan namanya, konsep ini memang berasal dari negara Jepang, dan biasanya banyak diaplikasikan pada jenis-jenis mobil asal Jepang. Khususnya untuk varian mobil seperti city car, sedan, dan sedan hatchback.

Konsep Modifikasi Mobil Japanese Domestic Market (JDM)



Selain itu, konsep JDM ini juga memiliki cirikhas pada beragam komponen yang digunakannya. Ya, aliran modifikasi kendaraan roda empat tersebut merupakan jenis modifikasi mobil yang hanya menggunakan parts atau komponen aftermarket asli dari negara Jepang. 

Maka dari itulah mengapa nuansa tampilannya sendiri akan cenderung terlihat simple namun rapi.

Hal tersebut sudah tentu karena tidak banyak komponen mobil yang diganti, dalam konsep modifikasi JDM ini biasanya parts yang akan diganti hanya seputaran kaki-kaki mobil, interior mobil, warna dan motif, hingga bagian mesin jika memang diinginkan. Sehingga modifikasi JDM ini memang tidak akan merubah mobil secara ekstrim.


Ubahan pertama biasanya akan dilakukan pada bagian kaki-kaki mobil, cirikhas aliran modifikasi ini biasanya akan menggunakan velg dengan ukuran yang tidak terlalu besar seperti ring 15, 16, hingga 17 inchi. Penggunaan ban pun biasanya tidak terlalu tipis sehingga mobil masih dapat melaju dan melakukan manuver dengan baik.


Selain itu, bagian kaki-kaki lain seperti suspensi juga biasanya akan ikut dirubah. Penggunaan lowering kit bergaya racing banyak digunakan untuk modifikasi JDM ini. Sedangkan untuk bagian mesin, ada yang melakukan perubahan namun tidak sedikit juga yang membiarkannya tetap standar. Akan tetapi parts seperti knalpot biasanya akan menjadi parts yang wajib diganti.

Sedangkan untuk eksterior mobil biasanya akan dibiarkan standar, kecuali jika memang pemiliknya ingin menggunakan berbagai parts aftermarket resmi seperti set bumper, hood, hingga wing dan spion. 

Namun produk tersebut pun hanya akan menggunakan dari beberapa merk aftermarket resmi tertentu seperti contohnya Mugen atau Spoon pada Honda.

Bagian interior mobil pun biasanya tak banyak ubahan yang dilakukan, beberapa ubahan biasanya hanya akan terlihat pada bagian jok mobil dan audionya saja. Untuk itulah banyak yang mengatakan bahwa konsep modifikasi JDM ini terhitung relatif murah. 

Semoga informasi modifikasi mobil terbaru di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda semuanya.
×
Berita Terbaru Update
close