Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Solusi Cara Memperbaiki Start Menu Windows 10 Tidak Bisa Di Klik

Rabu, 28 April 2021 | 3:06 PM WIB Last Updated 2022-05-18T14:11:45Z
Solusi Cara Memperbaiki Start Menu Windows 10 Tidak Bisa Di Klik
Check dan Repair Corrupt Windows Files

detikjam.comSolusi Cara Memperbaiki Start Menu Windows 10 Tidak Bisa Di Klik Memilih Windows 10 untuk PC atau laptop saat ini memiliki beragam kelebihan tersendiri. Di antaranya, karena Windows 10 adalah salah satu OS keluaran baru dari Microsoft, pembaruannya masih terus bergulir.

Meski demikian, penggunaan Windows 10 juga tidak mungkin selalu lancar.

Kadang bisa saja ada masalah yang muncul, meskipun itu tidak sering terjadi. Baik itu masalah yang ringan, maupun masalah yang berat.

Salah satu masalah yang bisa terjadi adalah Start menu di Windows 10 tidak bisa diklik, seperti yang akan kita bahas di sini.

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Start Menu Windows 10 Tidak Bisa Di Klik

Silahkan kamu coba beberapa solusi dibawah ini yang sesuai dengan permasalahan pada komputer anda, karena setiap komputer tidak sama permasalahannya.
    Check dan Repair Corrupt Windows Files

    Sebelum melangkah lebih jauh tentang cara memperbaiki masalah di windows 10 ada baiknya kita periksa dulu apakah ada file di windows 10 yang rusak, jika ada maka cara ini akan otomatis merepair file yang rusak tersebut. Berikut ini caranya 
    1. #Buka Task Manager
    2. Untuk membuka task manager ada 2 cara yaitu :
    3. Tekan pada keyboard CTRL + ALT + DEL or,
    4. Klik Kanan Pada Taskbar lalu pilih Task Manager
    5. #Jalankan Run New Task
    6. Untuk menjalankan run new task silahkan lihat di menu file lalu pilih Run new task
    7. #Ketik PowerShell
    Isi kotak kosong tersebut dengan mengetik powershell dan jangan lupa centang pada Create this task with administrative privileges lalu tekan OK



    #Jalankan System File Checker

    Ketik sfc /scannow pada dinding powershell dan tekan ENTER, untuk menjalankan perintah system file checker membutuhkan waktu beberapa saat hingga selesai. Jika terdapat file yang corroupt dan system checker langsung memperbaikinya maka tidak akan muncul error file pada dinding powershell.



    Jika terdapat file corroupt namun system file checker tidak dapat memperbaikinya, maka dapat dipastikan komputer anda memang bermasalah.

    Tenang, jika memang benar terdapat file corroupt dan tidak dapat diperbaiki otomatis oleh system file checker maka kamu cukup mengetikkan perintah ini di dinding powershell :

    Note: DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

    Perintah diatas tentunya juga membutuhkan waktu yang cukup lama (jadi sabar saja, tunggu hingga selesai) perintah ini tentunya akan mendownload dari file windows update untuk mengganti file yang korup secara otomatis.
    1. ReInstall Windows App

      Mungkin saja aplikasi yang sudah ada di windows 10 tidak terinstall dengan baik sehingga menimbulkan error pada start menu windows 10, hal ini berkaitan dengan peralihan start menu yang ada di windows 8 yaitu gaya "Metro" dan sekarang berubah menjadi "Modern" pada windows 10.

      Tentu saja menjalankan perintah reinstall windows app tidak akan menghilangkan file dokumen yang kamu simpan di komputer dan bahkan aplikasi selain bawaan windows juga tidak akan terhapus. Perintah ini hanya mereinstall aplikasi bawaan windows.

      Untuk menjalankan perintah reinstall windows app silahkan ikuti cara dibawah ini 

      1. #Buka Task Manager lalu run new task
      2. #Ketik powershell dan centang Create this task with administrative privileges, Tekan OK
      3. #Copy kode dibawah ini dan paste ke dinding powershell

      NoteGet-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage DisableDevelopmentMode -Register"$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

      Tunggu hingga proses reinstall selesai, jika sudah selesai segera restart komputer dan coba klik start menu nya. Biasanya pada tahap ini sudah bisa teratasi masalah tidak bisa klik start menu pada windows 10.

      Namun jika belum bisa juga ikuti cara selanjutnya dibawah ini :

    2. Jalankan Windows 10 Update Assistent

      Untuk menjalankan windows 10 update assistent coba dipastikan windows 10 kamu sudah uptodate alias sudah update yang terakhir. Jika sudah, download windows 10 update assistent langsung dari website resmi microsoft.

      Buka file yang sudah di download tadi lalu jalankan. Tunggu hingga proses download dan installasi selesai, biasanya membutuhkan waktu cukup lama.



      Supaya proses download dan instalasi cepat selesai ada beberapa hal yang musti di persiapkan yaitu :

      1. Siapkan space kosong pada drive c kamu minimal 8 Gb
      2. Pastikan koneksi internet kamu tidak lambat agar cepat selesai.
      3. Biasanya setelah melakukan windows update ke versi terakhir, masalah start menu tidak bisa diklik sudah teratasi dengan baik.
      4. Apabila cara diatas masih juga tidak mengatasi masalah start menu tidak bisa diklik, ikuti cara dibawah ini :

    3. Menggunakan Software Bantuan

      Cara ini cara terakhir yang apabila cara 1 sampai 3 diatas belum juga mengatasi masalah start menu tidak bisa di klik. Saya sendiri pada saat mengalami masalah ini saya hanya menggunakan cara nomor 3 sudah kembali seperti semula start menu-nya.

      Tapi apabila cara 1 - 3 diatas belum juga mengatasi masalah kamu, saya akan memberikan 2 buah solusi lagi menggunakan software bantuan yaitu :

      Menggunakan Start Menu Troubleshooter


      Gunakan software yang sudah disediakan microsoft dengan gratis ini untuk merepair start menu yang tidak berfungsi. Untuk mendapatkan software ini silahkan klik microsoft untuk mendownload software tersebut. Jalankan aplikasi start menu yang tadi di download dan ikuti saja apa saja yang terdapat pada layar



      Menggunakan Tweaking Windows Repair


      Cara menggunakan software tweaking windows repair tidak terlalu sulit, kita tinggal klik "start repair" dan biarkan proses berjalan dan biasanya masalah start menu tidak bisa diklik akan segera kembali seperti sedia kala. untuk mendapatkan software ini silahkan klik tautan tweaking windows repair. Lakukan install dan next-next saja sampai selesai lalu klik "start repair".



    4. Install ulang windows 10

      Cara ini sudah cara yang paling buntu yang apabila sudah benar-benar sulit untuk mengatasinya. Install ulang memang cara paling ampuh dan tidak menyita banyak waktu kamu.
    Itulah cara memperbaiki start menu windows 10 tidak bisa di klik, mudah-mudahan solusi diatas bisa mengatasi masalah kamu.

    Semoga bermanfaat.
    ×
    Berita Terbaru Update
    close