Notification

×

Iklan

Iklan

iklan

Cara Mudah Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

Minggu, 17 April 2016 | 12:31 AM WIB Last Updated 2021-04-04T03:37:18Z
Mata adalah salah satu Anugrah Tuhan yang sangat berharga. Melalui mata, kita dapat melihat indahnya dunia ini. Melalui mata juga, kita dapat membedakan warna. Tanpa mata, semua yang indah tidak akan terlihat indah, semua yang menarik tidak akan jadi menarik. Sehingga menjaga kesehatan mata adalah suatu hal yang penting. Kita harus bisa menjaga mata dari berbagai ancaman dari luar maupun dari dalam agar mata kita selalu sehat dan terus dapat melihat indahnya dunia ini.

Cara Mudah  Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata
Berbagai penyakit mata telah banyak menyebabkan seseorang kehilangan pengelihatannya. Penyakit mata sangat bervariasi mulai dari yang ringan sampai yang berat. Ada beberapa penyakit yang menular dan ada juga yang tidak. Ada yang bersifat menurun dan juga ada yang tidak. Semua itu adalah hal yang sangat tidak kita inginkan.

Misalkan saja penyakit katarak yang sampai saat ini tidak ada obatnya, cara operasilah yang menjadi satu-satunya cara alternatif untuk menganggkat selaput katarak dari bagian lapisan luar mata. Langsung saja, berikut ini akan kita bahas mengenai tips-tips sederhana dalam merawat dan menjaga kesehatan mata:

  • Jauhkan dari debu dan polusi

    Tahukah anda bawa debu dan polusi dapat menyebabkan infeksi? debu adalah sebuah kerikil halus yang sangat kecil sekali. Ketika debu tersebut menempel pada permukaan mata, maka mata akan terasa perih. Kebanyakan dari kita justru lebih sering menggosok-gosokkan mata dengan tangan. Tapi tahukah Anda bahwa menggosok mata dapat menggores permukaan mata? Tips yang kami sarankan jika terkena debu adalah segera mencucinya dengan air dan memberi obat tetes mata, jika masih terasa perih segeralah periksa ke dokter.

    Selain debu dan polusi, asap juga dapat membuat mata kita iritasi. Mata yang terkena asap biasanya terlihat berwarna kemerahan-merahan dan terasa perih. Untuk itu jagalah mata Anda dan jangan terlalu sering terkena asap agar mata kita tetap sehat dan bersih. Mata yang sering terkena asap akan terlihat lebih kuning?

  • Jaga jarak pandang

    Banyak dari kita yang menghabiskan waktu di depan televisi maupun didepan komputer. Apalagi di dunia  modern sekarang ini, banyak dari kita yang menghabiskan waktunya di depan laptop atau gadget mereka. Mungkin kalian malah ada yang menghabiskan waktu di perangkat tersebut seharian. Terutama dikota-kota besar banyak para pengusaha yang menggunakan bisnis mereka dengan komputer.

    Terlalu lama mata memandang layar komputer akan membuat mata kita lelah. Hal ini disebabkan karena layar komputer memancarkan sinar radiasi yang tidak sedikit. Jika terlalu sering maka dapat menyebabkan  mata menjadi cepat lelah dalam melakukan aktifitasnya. Untuk menjaga mata agar tidak cepat rusak, maka jagalah jarak mata dengan layar monitor anda sekitar 30 cm, juga gunakan pelindung monitor layar atau redupkan layar untuk mengurangi radiasi pada mata.

  • Tidak membaca dengan posisi tidur

    Membaca buku dengan posisi tidur membuat mata lebih berkonsentrasi dari pada posisi bisa. Dalam posisi tidur mata cenderung lemas, posisi kornea mata tidak fokus, karena dalam posisi ini mata sudah “disetting” untuk tidur dan bukan untuk membaca. Untuk menjaga mata, biasakan duduk dikursi dan memandang buku dengan jarak sekitar 30 cm. Juga kurangi membaca teks yang terlalu kecil agar di masa depan mata tidak berkurang kefokusannya dan juga tidak mengalamai penyakit mata seperti Rabun Dekat dan lain lain.

  • Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin A
    Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bagi mata kita. Vitamin A dapat membuat mata tetap sehat dan segar, juga membuat otot otot pada mata tetap bekerja secara normal. Namun terlalu banyak mengkonsumsi vitamin juga dapat menyebabakan penyakit. Penyakit tersebut disebut Avitaminosis atau kelebihan dosis vitamin. Memang semua yang berlebihan itu tidak baik, jadi makanlah secukupnya.

  • Tidur yang cukup

    Ketika kita tidur, hampir semua organ tubuh kita beristirahat dari kegiatannya termasuk bola mata kita. Mata juga memerlukan waktu istirahat dikarenakan sudah bekerja berat seharian. Mata yang kurang istirahat akan mengurangi daya pandang mata dan membuat berbagai penyakit mudah masuk ke mata.

  • Tidak melihat cahaya yang terlalu terang

    Pernah melihat gerhana matahari secara langsung? Melihat gerhana secara langsung dapat membakar kornea mata, mengapa demikian? Ketika gerhana matahari total sedang terjadi, lensa mata akan terbuka lebar karena menyesuaikan dengan kondisi yang sedang gelap. Ketika bulan perlahan bergeser menjauhi sang surya, cahaya matahari akan langsung masuk ke dalam lensa mata yang sedang terbuka lebar. Sifat lensa mata kita adalah beradaptasi dengan cahaya. Begitulah kira-kira gambarannya.

  • Tidak bertatapan dengan orang yang mempunyai penyakit mata

    Pasti anda sudah tahu alasannya kan? Ya betul jika bertatapan dengan orang yang sedang mengalami penyakit mata ada kemungkinan penyakit tersebut menular ke mata kita. Cuma untuk berjaga jaga saja jangan menatap matanya secara langsung. Atau gunakan kacamata pelindung untuk menghindari kontak mata secara langsung dengannya. Tapi jangan salah ya, tidak semua penyakit mata itu menular. Jadi jangan sembarangan dalam menghindari orang yang sedang mengalami penyakit mata, nanti takutnya dia tersinggung.

  • Periksa ke dokter

    Ketika mata Anda merasa bermasalah, segera periksakan ke dokter mata untuk pengecekan lebih lanjut. Pemeriksaan yang terlambat dapat membuat penyakit tersebut bertambah parah. Jadi, jika mata anda terasa ada yang aneh jangan ragu untuk menghubungi dokter.
  • Kurangi konsentrasi yang terlalu lama

    Anda suka membaca novel? Jika iya pastikan Anda tidak memaksakan mata untuk berkonsentrasi terlalu keras. Beberapa orang yang telalu sering berkonsentrasi menyebabkan mata mereka bermasalah. Masalah yang dihadapi biasanya Rabun Dekat atau mata minus. Jika hal tersebut sudah terjadi, satu-satunya cara untuk mengatasi adalah mengguankan kacamata berlensa khusus.

  • Gunakan pelindung mata

    Jika anda bekerja di pabrik yang banyak mengandung debu, maka pelindung mata sangat diperlukan. Atau anda sedang berkendara jauh menggunakan sepeda motor, maka gunakan tutup helm  agar mata terlindungi dari berbagai polusi yang banyak tersebar di jalan raya. Pastikan mata anda tetap terlindungi ditempat tempat yang dapat membahayakan kesehatan mata anda.

  • Hindari membaca dalam gelap

    Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa membaca dalam gelap dapat membuat mata berkonsentrasi lebih banya dibandingkan dengan membaca dengan cahaya normal, agar mata anda tetap sehat maka hindarilah membaca di tempat gelap.
Itulah beberapa tips dari kami agar mata anda tetap sehat dan normal, mata yang sehat akan membuat aktivitas anda berjalan lancar. Jadi rawatlah mata anda agar tetap dapat melihat indahnya dunia.
×
Berita Terbaru Update
close